IMG-LOGO
Daerah

Mengurusi, Melayani, dan Mengajak Jadi Tugas Muslimat NU


Ahad 9 Februari 2020 18:30 WIB
Bagikan:
Mengurusi, Melayani, dan Mengajak Jadi Tugas Muslimat NU
Pelantikan Ranting dan Anak Ranting Muslimat se-Kecamatan Banyumas, Ahad (9/2). (Foto: NU Online/Muhliana)
Pringsewu, NU Online
Wakil Katib Syuriyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pringsewu, Lampung KH Muhammad Nur Aziz menjelaskan tiga tugas yang dimiliki Muslimat NU yakni mengurusi, melayani, dan mengajak. "Muslimat itu mengurusi yang sudah ada, melayani yang belum paham, dan mengajak yang belum masuk Muslimat," kata Pengasuh Pesantren Madinatul Ilmi ini saat memberi ceramah pada pelantikan Pimpinan Ranting dan Anak Ranting se-Kecamatan Banyumas, Pringsewu, di Desa Waya Krui, Ahad (9/2).
 
Karena memang menghadapi banyak tugas dan bertemu berbagai macam individu yang memiliki sifat berbeda-beda, para pengurus harus menata hati dan kesabaran. "Pengurus nggak boleh emosian, harus sabar dalam menghadapi masalah-masalah yang ada di jamaah," ajaknya.
 
Dengan keistiqamahan dalam berkhidmah, ia mendoakan para pengurus akan senantiasa mendapatkan keberkahan dalam setiap langkah hidupnya. 
 
Sementara Mustasyar PCNU Pringsewu KH Sujadi mengatakan peran organisasi Muslimat NU di tengah-tengah masyarakat tidak hanya berkutat pada urusan seremonial seperti pengajian semata. Muslimat juga memiliki peran penting dan bisa mengisi posisi-posisi penting dan strategis yang mampu menentukan arah pembangunan baik di tingkat desa sampai nasional.
 
Kiprah Muslimat NU juga sangat penting dalam mempersiapkan generasi penerus masa depan yang berkualitas dengan bekal pendidikan. Mulai dari kandungan, melahirkan, dan membesarkan anak, seorang Muslimat akan memberi pendidikan yang terbaik bagi putra-puterinya.
 
"Apalagi di usia emas, ibu-ibu Muslimat harus mampu memilih pendidikan yang terbaik bagi anak-anaknya. Pesantren menjadi tempat yang tepat untuk pendidikan mereka," kata Kiai Sujadi yang juga Bupati Pringsewu ini di depan 11 ranting dan 31 anak ranting Muslimat NU yang dilantik dengan jumlah total pengurus sebanyak 462 orang.
 
Sementara dalam sambutan pelantikannya, Ketua Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Pringsewu Hj Ani Fitriani mengajak pengurus dan anggota Muslimat untuk memiliki kecerdasan dan kepekaan dalam memahami perubahan zaman dan lingkungan sekitar.
 
Untuk mewujudkan hal ini, pihaknya memiliki program khusus peningkatan kualitas sumberdaya manusia pengurus melalui berbagai pendidikan dan pelatihan.
 
"Pimpinan Cabang akan mengadakan pelatihan di setiap PAC Muslimat NU se-Kabupaten Pringsewu setelah Koferensi PAC Muslimat NU dilaksanakan di seluruh kecamatan," ungkapnya wanita yang akrab disapa Ibu Ani ini.
 
Ibu Ani pun mengingatkan para pengurus yang baru dilantik untuk dapat mengemban tugas dengan baik. Perjalanan berkhidmah di organisasi pasti akan banyak mengalami masalah dan berbagai cobaan. "Tetap maju dan pantang mundur, demi terwujudnya cita-cita dalam membesarkan Muslimat NU yang ada di Kabupaten Pringsewu," ajaknya.
 
Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Syamsul Arifin
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG