Mengasah Kepekaan Sosial Melalui IPNU-IPPNU

Ketua PAC IPPNU Kecamatan Kadur, Kabupaten Pamekasan, Lailatul Firdausiyah. (Foto: NU Online/Sulaiman)
Ketua PAC IPPNU Kecamatan Kadur, Kabupaten Pamekasan, Lailatul Firdausiyah. (Foto: NU Online/Sulaiman), Mengasah Kepekaan Sosial Melalui IPNU-IPPNU
Ketua PAC IPPNU Kecamatan Kadur, Kabupaten Pamekasan, Lailatul Firdausiyah. (Foto: NU Online/Sulaiman), Mengasah Kepekaan Sosial Melalui IPNU-IPPNU

Pamekasan, NU Online

Kepekaan sosial merupakan perasaan tanggung jawab atas permasalahan yang dialami orang lain. Menjadi orang yang bisa memahami kebutuhan orang lain termasuk sesuatu yang baik.

 

Demikian ditegaskan oleh Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Kadur, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Lailatul Firdausiyah saat ditemui NU Online dalam sebuah kegiatan di Kantor PAC IPPNU Kadur, Ahad (9/2).

 

Menurutnya, kepekaan sosial atau kepedulian sosial bisa didapatkan dengan bergabung dalam organisasi. Sebab, dengan berorganisasi akan bertemu dan berkumpul bersama orang yang berbeda. Baik berbeda kultur, sikap maupun pendapat.

 

"Apabila kita aktif berorganisasi akan bertemu dengan orang yang berbeda dengan kita. Dengan seperti itu, akan terbiasa dengan konflik, keberagaman berpikir, perbedaan tingkah laku dan potensi. Tanpa kita sadari, itu akan mengasah kepekaan sosial kita," jelas gadis yang dikenal periang tersebut.

 

Ela, sapaan akrabnya, menegaskan bahwa di dalam organisasi akan dikenalkan pada dunia aktivis, di mana para anggota tidak boleh senang sendiri, makmur sendiri dan sukses sendiri. Semuanya mesti bersama-sama. Begitu pun dalam hal mengatasi persoalan, ibarat pepatah 'ringan sama dijinjing, berat sama dipikul'.

 

"Kita meski bersama berjuang, baik dalam kepahitan ataupun kesenangan. Tidak boleh ada yang saling menjatuhkan, karena kita satu rumpun," tambahnya.

 

Semua itu, lanjutnya, akan dirasakan selama berproses bersama di bawah bendera organisasi pelajar NU, IPNU-IPPNU. Selain itu, para anggota bisa menanamkan kecintaan dalam berjam'iyah An-Nahdliyah yang saat ini dikenal berada di garda depan menjaga keutuhan NKRI.

 

"Ini alasan mengapa kami bersemangat mengajak pelajar untuk bergabung bersama IPNU-IPPNU. Jadi, tidak perlu ragu lagi bergabung bersama kami, IPNU-IPPNU akan menempa kalian menjadi kader bangsa yang mencintai dan menjaga keberagaman untuk tetap utuhnya NKRI," jelas Ela.

 

Ela juga menjelaskan, salah satu keuntungan menjadi bagian dari IPNU-IPPNU adalah jaringannya yang luas sampai di pelosok negeri. Tidak perlu khawatir kalau pergi kemana-mana, karena ada banyak teman di mana-mana.

 

"Teman-teman seperjuangan itu nantinya akan banyak memberi manfaat baik secara langsung maupun tidak langsung," pungkasnya.

 

Kontributor: Sulaiman

Editor: Aryudi AR

BNI Mobile