Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

MTQ Ke-48 Lampung Dipusatkan di Islamic Center Pringsewu

MTQ Ke-48 Lampung Dipusatkan di Islamic Center Pringsewu
Islamic Center Pringsewu. (Foto: Istimewa)
Islamic Center Pringsewu. (Foto: Istimewa)
Pringsewu, NU Online
Kabupaten Pringsewu akan menjadi tuan rumah gelaran akbar Musabaqah Tilawatil Qur’an Ke-48 tingkat Provinsi Lampung. MTQ yang akan diikuti oleh 15 kabupaten/kota se-Provinsi Lampung ini akan dilaksanakan selama sepekan mulai 10-17 April 2020 dan dipusatkan di komplek Islamic Center Pringsewu. Berbagai persiapan sudah dilakukan oleh pemerintah daerah Kabupaten Pringsewu sejak ditetapkannya Pringsewu sebagai tuan rumah.
 
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu H Marwansyah mengatakan bahwa Pringsewu siap menjadi tuan rumah. Ia optimis Pringsewu mampu menggelar acara tahunan ini dengan baik dan bisa sukses pelaksanaan dan sukses prestasi.
 
Ia menjelaskan bahwa pada MTQ kali ini, para peserta atau kafilah yang akan ikut serta diharuskan melakukan pendaftaran peserta secara online. Hal ini untuk memudahkan peserta dan panitia sekaligus mudah untuk dilakukan verifikasi data peserta.
 
“Pendaftaran dimulai pada 20 Februari 2020,” katanya saat rapat koordinasi Pembina kafilah MTQ Kabupaten Pringsewu di aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu, Rabu (12/2).
 
Saat pelaksanaan nanti, para peserta dari seluruh kabupaten/kota akan disambut di rest area Pringsewu pada tanggal 10 April 2020 dan melakukan registrasi ulang untuk memastikan keberadaan peserta saat pelaksanaan MTQ. “Kita sambut dan langsung kita antar ke penginapan kafilah. Malamnya ada malam taaruf dan pelantikan dewan hakim,” tambahnya.
 
Ada sembilan cabang musabaqah yang akan digelar di delapan mimbar yang sudah disiapkan panitia. Adapun delapan mimbar tersebut meliputi Mimbar I Cabang Tilawatil Qur'an, Mimbar II Cabang Qira'at, Mimbar III Cabang Hifdzil Qur'an, Mimbar IV Cabang Tahfidz, Mimbar V Cabang Fahmil Qur'an, Mimbar VI Cabang Syarhil Qur'an, Mimbar VII Cabang Khattil Qur'an, Mimbar VIII Cabang Maqalah Qur'an, dan Mimbar IX Cabang Musabaqah Hadits.
 
Untuk pembukaan dan penutupan MTQ akan dipusatkan di Islamic Center. Namun untuk tempat pelaksanaan kesembilan cabang musabaqah akan ditempatkan di sembilan lokasi yakni: Mimbar I di Islamic Center, Mimbar II di Aula Gedung NU, Mimbar III di Aula Kolam Renang Paris, Mimbar IV di Masjid Sobari Pringkumpul, Mimbar V dan VI di Umpri, Mimbar VII dan VIII di MAN 1 Pringsewu, dan Mimbar IX di Aula Pendopo Pringsewu.
 
MTQ tahun 2020 ini mengangkat tema Kerukunan dalam Keberagaman yang akan ditandai dengan pergelaran seni tari kolosal dan pementasan seribu angklung bambu. 
 
Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Syamsul Arifin
BNI Mobile