Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

NU Peduli dan Majelis Taklim Telkomsel Bantu Sekolah Terdampak Banjir di Lebak

NU Peduli dan Majelis Taklim Telkomsel Bantu Sekolah Terdampak Banjir di Lebak
Penyerahan bantuan NU Peduli di Kabupaten Lebak (Foto: NU Online/Wahyu Noerhadi)
Penyerahan bantuan NU Peduli di Kabupaten Lebak (Foto: NU Online/Wahyu Noerhadi)
Jakarta, NU Online
Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) bersama NU Care-LAZISNU yang tergabung dalam program NU Peduli Kemanusiaan menjalin sinergi dengan Majelis Ta’lim Telkomsel (MTT) dalam rangka mendistribusikan bantuan untuk sekolah terdampak banjir bandang yang melanda Kabupaten Lebak awal Januari lalu.

Adapun bantuan yang disalurkan berupa perlengkapan sekolah seperti seragam, sepatu, dan buku.

“Alhamdulillah, IPNU bersama LAZISNU dan juga MTT Telkomsel dapat menyalurkan bantuan untuk siswa di beberapa sekolah di Lebak, yang memang salah satu wilayah terdampak banjir bandang,” ucap M Inayatullah selaku Ketua Cabang IPNU Lebak, Rabu (13/2).

Dirinya mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian antar pelajar.

“Ya, meski sudah  melewati masa tanggap bencana, kami tetap harus terjun ke sekolah-sekolah untuk mendistribusikan bantuan seperti sepatu, buku tulis, buku gambar, dan seragam sekolah, untuk para pelajar yang terkena dampak banjir,” jelasnya. 

Bantuan tersebut didistribusikan ke sejumlah sekolah, antara lain SMKN 1 Cipanas, MA Al-Hidayah Bani Karim, SMPN 04 Lebak Gedong, dan MTs Miftahul Huda Cipanas, pada Senin (10/02).

Kepala Sekolah SMPN 04 Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, Agus, menuturkan kegiatan tersebut merupakan kontribusi nyata dalam membantu sesama pelajar.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada keluarga besar IPNU, NU Care-LAZISNU, NU Peduli dan MTT Telkomsel, yang sudah berkontribusi nyata dalam membantu sesama. Sampai dengan hari ini, hampir semua relawan sudah jarang menyambangi sekolah-sekolah. Itu  mungkin dikarenakan sudah lewatnya masa tanggap bencana,” ujar Agus.

Sementara itu, Koordinator Tim NU Peduli, Muhammad Wahib, menjelaskan bahwa sampai detik ini, NU Peduli masih melakukan kegiatan pemulihan di daerah terdampak bencana di Lebak.

“Jadi, program NU Peduli ini tidak berhenti pada masa tanggap bencana. NU Peduli terus mendampingi masyarakat di wilayah terdampak bencana. Saat ini, di Lebak, NU Peduli melalui PCNU Lebak terus membantu pesantren dan majelis taklim terdampak banjir,” ungkap Wahib.

Dirinya menambahkan, sinergi antar-lembaga untuk program-program kemanusiaan seperti NU Peduli harus terus dioptimalkan, agar sebaran bantuan bisa lebih luas.

“Ini (program) NU Peduli sebagai sinergi antar-lembaga harus terus dioptimalkan, agar penyebaran manfaat, bantuan bisa lebih luas. Terima kasih juga kepada MTT Telkomsel yang telah menjalin kerja sama dengan NU Peduli,” imbuhnya.

Seperti diketahui, pada Rabu (1/01) lalu banjir melanda Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta, yang menyebabkan rumah-rumah warga terendam sehingga barang berharga milik masyarakat tersebut hanyut terbawa arus. Bukan hanya itu, banjir bandang di Lebak, Banten mengakibatkan rumah-rumah warga di 12 desa rata dengan tanah termasuk pesantren dan majelis taklim. 

Kontributor: Wahyu Noerhadi
Editor: Abdullah Alawi
 
BNI Mobile