IMG-LOGO
Daerah

IPNU-IPNU, Wadah Statregis Atasi Degradasi Moral Remaja

Ahad 16 Februari 2020 22:30 WIB
IPNU-IPNU, Wadah Statregis Atasi Degradasi Moral Remaja
Ketua PAC IPNU Kecamatan Kadur, Fathur Rahman. (Foto: NU Online/Sulaiman)

Pamekasan, NU Online

Degradasi moral yang terjadi pada kaum remaja adalah masalah yang tidak boleh dianggap remeh. Jika dibiarkan akan sangat berpengaruh terhadap bergesernya perilaku, tradisi, adat dan budaya yang selama ini dipertahankan.

 

Demikian ditegaskan Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kecamatan Kadur, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Fathur Rahman saat ditemui NU Online di sela-sela Rapat Persiapan Makesta Khusus Ponpes Al-Falah Sumber Gayam, Kadur, Pamekasan di Kantor MWC NU setempat, Ahad (16/2).

 

Menurutnya, perkembangan zaman yang dibarengi dengan pesatnya kemajuan teknologi harus diimbangi dengan keilmuan yang mumpuni, baik ilmu pengetahuan umum maupun agama. Sehingga tidak gampang terbawa arus globalisasi yang bisa menyesatkan diri.

 

"Banyak remaja kita sekarang yang melakukan sesuatu di luar tradisi kita sebagai penganut adat ketimuran. Akhlak mereka banyak sudah terkikis oleh budaya-budaya barat yang memang sengaja didesain untuk merusak moral anak bangsa. Agar identitas keislaman dan keindonesiaan yang harusnya dijaga menjadi hilang," tegas Fathur.

 

Untuk menyikapi hal itu, menurutnya, berproses di IPNU-IPPNU merupakan langkah tepat. Dalam organisasi yang diperuntukkan untuk pelajar ini, anggota akan ditempa menjadi anak bangsa yang siap menghadapi pesatnya perkembangan zaman.

 

"Di IPNU-IPPNU kita akan mendapatkan banyak pelajaran, termasuk survive pada perkembangan zaman. Melalui organisasi ini pula kita tidak akan terbiasa melakukan sesuatu yang dianggapnya nyaman tapi akan berpikir berefek pada masa depan bangsa" lanjutnya.

 

Pria yang masih menempuh pendidikan di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura ini menyebutkan, dengan menyibukkan diri berproses di organisasi akan mengurangi potensi melakukan perilaku yang menyimpang dari norma hukum maupun agama.

 

"Dengan bergabung di IPNU-IPPNU, kita bisa mengurangi potensi melakukan perilaku menyimpang, seperti pergaulan bebas, mengkonsumsi narkoba dan perilaku tidak baik lainnya," papar Fathur.

 

Pihaknya juga mengaku tidak merasa berlebihan, jika menyebutkan IPNU-IPPNU merupakan salah satu wadah stategis dalam mengatasi fenomena degradasi moral yang saat ini banyak menimpa remaja kita.

 

Kontributor: Sulaiman

Editor: Aryudi AR

Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG