IMG-LOGO
Jelang Muktamar NU

NU Candipuro Bantu 10 Ton Beras untuk Muktamar di Lampung


Ahad 16 Februari 2020 21:15 WIB
Bagikan:
NU Candipuro Bantu 10 Ton Beras untuk Muktamar di Lampung
Pengurus MWCNU Candipuro (Foto: Istimewa)
Lampung Selatan, NU Online
Semangat pengurus dan warga Nahdaltul Ulama (NU) Lampung yang akan menjadi tuan rumah Muktamar ke-34 NU pada 22 Oktober 2020 mendatang sangat terasa. Warga NU di berbagai daerah di Lampung bergerak untuk membantu kegiatan forum musyawarah tertinggi Nahdlatul Ulama ini.
 
Bukan hanya di tingkat provinsi, warga dan pengurus di tingkat kabupaten, kecamatan, sampai dengan desa pun bekerja sama menyukseskan acara yang akan dihadiri para ulama, kiai, dan pengurus NU dari seluruh Indonesia dan beberapa negara.
 
Salah satunya datang dari NU Kecamatan Candipuro, Lampung Selatan yang siap berpartisipasi dengan menyumbangkan beras sebanyak 10 ton untuk konsumsi muktamar.
 
Ketua Majelis Wakil Cabang NU (MWCNU) Candipuro KH Nurtasya mengatakan bahwa bantuan dalam wujud beras ini diberikan karena daerahnya merupakan kawasan agraris di mana persawahan dan pertanian menjadi sumber penghasilan utama warga.
 
"Kecamatan Candipuro terdiri dari 14 desa atau 14 ranting NU dan merupakan daerah agraris pertanian-persawahan, sehingga kami berinisiatif untuk berpartisipasi dalam Muktamar NU melalui pengumpulan beras dari warga NU di lingkungan kami," kata alumni Pesantren Al-Ihya' Ulumaddin Kesugihan Cilacap, Jawa Tengah ini.
 
Ia menghitung jika satu kepala keluarga menyumbang 2-5 kg, maka target 10 ton beras untuk Muktamar akan mudah dicapai. Ia pun akan memaksimalkan potensi warga NU di daerahnya untuk mencapai target yang sudah ditentukan.
 
"Kami menyumbang sesuai dengan kemampuan kami dan sesuai lokalitas kami yakni beras, kami berharap Muktamar ke-34 NU di Provinsi Lampung bisa sukses dan kami sebagai tuan rumah untuk muktamirin dari seluruh Nusantara dan dunia bisa berbuat semaksimal mungkin semampu kami dalam menyambut saudara-saudara kami dan semoga Provinsi Lampung mendapatkan barakahnya," harapnya.
 
Bantuan beras dari NU Candipuro ini merupakan semangat dari Koin Muktamar yang telah diluncurkan PBNU untuk kemandirian NU dalam menjalankan Muktamar. Bukan hanya dalam bentuk koin atau uang, bantuan dari seluruh masyarakat juga bisa diwujudkan dalam bentuk barang.
 
"Capaian prosentase hasil Koin Muktamar terdiri dari 50 persen online, 25 koin kotak, dan 25 nutura atau barang," kata Ketua LAZISNU Lampung Hasan Ehreza pada saat penggalangan Koin Muktamar di Musyawarah Kerja Wilayah khusus, Jumat (14/2).
 
Pada penggalangan tersebut, Koin Muktamar menghasilkan bantuan dari berbagai daerah yakni:
 
1. PCNU Kabupaten Pringsewu: 10 ton ikan air tawar  
2. MWCNU Candipuro: 10 ton beras 
3. PCNU Mesuji: 10 beras 10 ton, 1000 ekor ayam, 4 ekor sapi 
4. PCNU Lampung Barat: 1 ton ikan nila ranau, 2000 butir kelapa  
5. PCNU Tanggamus: 1 ton kopi bubuk kemasan 
6. PCNU Lampung Utara: Uang tunai sebesar 500 juta dari peserta PKPNU 
7. PCNU Tulang Bawang: 5 kwintal udang windu, 10 ekor kambing, 10 ton beras, 2 kwintal ikan asap 
8. PCNU Pesisir Barat: 2 ton ikan tuna, 5 ton beras, dan 1000 butir kelapa
 
Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Syamsul Arifin
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG