Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Di Pelantikan PCNU Jakpus, Koin Muktamar Terkumpul Rp10 Juta

Di Pelantikan PCNU Jakpus, Koin Muktamar Terkumpul Rp10 Juta
Ilustrasi Koin Muktamar.
Ilustrasi Koin Muktamar.
Jakarta, NU Online
Penggalangan Koin Muktamar oleh seluruh pengurus NU di semua tingkatan terus dimasifkan. Upaya itu dilakukan para pengurus semata agar agenda lima tahunan Nahdlatul Ulama, yakni Muktamar ke-34 di Provinsi Lampung pada Oktober mendatang sukses dan maksimal. 

Pada pelantikan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Administrasi Jakarta Pusat pada Jumat (14/2) lalu dilakukan pula penggalangan Koin Muktamar. Para jamaah secara sukarela menyedekahkan sebagian dari rezekinya untuk Koin Muktamar. 

Dari penggalangan dana jamaah NU di acara Pelantikan PCNU Jakarta Pusat tersebut terkumpul Rp10 juta. Kegiatan penggalangan juga akan terus dimasifkan dengan menggandeng berbagai lembaga dan instansi yang ada di Jakarta Pusat.

“Kemarin kita dapat (mengumpulkan bantuan Koin Muktamar) Rp10 juta, itu belum maksimal. Kalau sesuai rencana menggunakan QR Bank DKI potensinya melebihi dari itu, Bank DKI itu bisa Rp20 juta, waktunya padat banget,” kata Ketua PCNU Jakarta Pusat, Gus Syaifuddin kepada NU Online, Senin (16/2). 

Dia menambahkan, PCNU Jakarta Pusat berkomitmen menyukseskan Muktamar NU yang akan digelar pada 22-27 Oktober 2020 di Provinsi Lampung. Karena itu dia akan terus bergerak agar penghimpunan Koin Muktamar terkumpul sebanyak-banyaknya. 
 
“Kami juga sampaikan bahwa Koin NU atau Koin Muktamar itu pusat penggalangan segalanya, menghimpun sedekah infak dari orang-orang yang mampu dan akan disalurkan kepada orang-orang tak mampu baik itu dalam bidang kesehatan atau bidang kemanusiaan,” tuturnya. 

Menurut Gus Syaifuddin, masyarakat Jakarta Pusat berharap lebih kepada PCNU, terutama terkait filantropi. Untuk meresponsnya, PCNU Jakarta Pusat sudah menginstruksikan NU Care-LAZISNU Jakarta Pusat agar dapat melakukan konsolidasi dengan pengurus DKM Masjid dan Majelis Taklim serta jamaah pengajian NU. 

Konsolidasi itu, kata dia, untuk memasifkan penggalangan dana Koin Muktamar atau Koin NU sehingga penghimpunannya bisa mencapai angka optimal serta bisa diperuntukkan membantu masyarakat kurang mampu secara langsung. 

“Kemudian soal Koin NU yang khsusus diberikan langsung untuk masyarakat. Kami berencana kerja sama dengan lembaga lain seperti lembaga pemerintahan dan lain-lain. Juga akan menghimpun di mall, di pasar-pasar, dan di toko-toko,”ucapnya. 

Kontributor: Abdul Rahman Ahdori
Editor: Muchlishon
BNI Mobile