Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

LPBINU Bersama Sejumlah Elemen di Bondowoso Gelar Donor Darah

LPBINU Bersama Sejumlah Elemen di Bondowoso Gelar Donor Darah
Kegiatan donor darah yang digelar PWI bersama PC LPBINU Bondowoso dalam rangka hari pers nasional. (Foto: NU Online/Ade Nurwahyudi)
Kegiatan donor darah yang digelar PWI bersama PC LPBINU Bondowoso dalam rangka hari pers nasional. (Foto: NU Online/Ade Nurwahyudi)
Bondowoso, NU Online
Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur mengandeng Pengurus Cabang (PC) Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) setempat menggelar bakti sosial berupa donor darah.
 
Kegiatan ini dalam rangka memperingati HPN (Hari Pers Nasional) tahun 2020 yang bekerja sama dengan PMI (Palang Merah Indonesia) Bondowoso. Acara diselenggarakan di kantor PWI, Jalan Pelita Kelurahan Tamansari, Senin (17/2).
 
“Pada kegiatan bakti sosial kali ini kami bersama LPBINU bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia Bondowoso,” kata Ketua PWI Kabupaten Bondowoso, Haryono.
 
Sebagai kegiatan sosial, maka pantia menargetkan ada sekitar 150 orang yang turut ambil bagian. Karenanya, dirinya berharap selain anggota PWI dan insan pers atau media lain serta masyarakat setempat bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.
 
"Kami telah memberitahukan kepada masyarakat, teman-teman melalui media sosial baik Facebook, WhatsApp agar bisa ikut berpartisipasi," jelas pengurus harian PC LPBIHNU Bondowoso ini.
 
Lebih lanjut disampaikan bahwa kegiatan juga sebagai sarana dalam rangka menyediakan stok darah untuk masyarakat yang membutuhkan.
 
"Sebab, setetes sumbangan darah kita akan sangat berguna dan bisa menyelamatkan banyak jiwa," paparnya.
 
Tidak berhenti hanya dengan donor darah, kegiatan berikutnya adalah menanam seribu pohon di daerah Ijen. Apalagi dalam beberapa waktu berselang telah terjadi banjir bandang di kawasan tersebut sehingga menimbulkan kerugian. Dan salah satu penyebabnya adalah semakin berkurangnya tanaman yang bisa mencegah banjir.
 
Kegiatan lain yang juga menjadi rangkaian acara adalah ngaji jurnalistik. 
 
“Acara tersebut untuk meningkatkan kapasitas insan media,” jelasnya.
 
Ditemui media ini, salah seorang pendonor bernama Retno (29) mengemukakan sangat berminat karena keterpanggilan jiwa. Bagi warga Desa Locare, Curahdami tersebut, darah sangat dibutuhkan sejumlah orang, baik karena kecelakaan atau faktor lain.
 
Dirinya bersyukur lantaran PWI Bondowoso mengadakan kegiatan bakti sosial yang dikemas dengan donor darah.
 
"Ini bukti bahwa bentuk kepedulian kepada masyarakat dan nantinya darah ini pasti dibutuhkan," pungkasnya.
 
 
Kontributor: Ade Nurwahyudi
Editor: Ibnu Nawawi
BNI Mobile