IMG-LOGO
Daerah

LPBINU Ponorogo Hijaukan Bukit Suharto

Selasa 18 Februari 2020 00:30 WIB
LPBINU Ponorogo Hijaukan Bukit Suharto
Relawan LPBINU, Banom dan lembaga NU serta stakeholder Kabupaten Ponorogo pada kegiatan penghijauan di Bukit Suharto, Ahad (16/2). (Foto: LPBINU Ponorogo)
Ponorogo, NU Online
Lestari alamku, lestari desaku...
 
Sebaris syair dalam lirik lagu karya Gombloh di atas menjadi inspirasi Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) PCNU Ponorogo, Jawa Timur melakukan penghijauan. Melalui ajang 'Bumiku Lestari 2020, Mari Ciptakan Mata Air bukan Air Mata' penghijauan dipusatkan di Bukit Suharto, Desa Badegan, Ahad (16/2).
 
Mengapa harus di Bukit Suharto? 
 
Novi Tri Hartanto, Ketua LPBINU Ponorogo mengatakan, dipilihnya lokasi Bukit Suharto karena daerah tersebut dinilai memiliki curah hujan cukup tinggi sehingga potensi longsor juga besar. Selain itu juga untuk melestarikan mata air yang ada di wilayah Kucur Badegan. Sumber air tersebut memenuhi kebutuhan air bagi warga Desa Badegan dan Desa Biting.

"Jika kemarau potensi kekeringan, sebaliknya di musim hujan potensi longsor dan banjir cukup besar," katanya
 
Kegiatan penghijauan dimulai pukul 07.00 WIB hingga tengah hari. Penghijauan dengan menanam bibit pohon melibatkan 300 personel dari lembaga dan Banom PCNU Ponorogo beserta sejumlah steakholder pegiat lingkungan.
 
Sebanyak 1500 bibit pohon berbagai jenis ditanam. Rinciannya adalah 500 pohon beringin, 500 pohon trembesi, dan 500 pohon buah-buahan seperti kelengkeng, mente, cempedak, duet.
 
Apresiasi besar ditunjukkan jajaran Muspika Kecamatan Badegan. Terbukti, antusiasme Pemdes Badegan, Pemdes Biting, serta Karangtaruna Badegan dan Biting terlibat aktif.
 
Kegiatan ini menurutnya demi menjalin sinergitas seluruh potensi di jajaran PCNU Ponorogo untuk kesiapsiagaan bencana alam di wilayah Kabupaten Ponorogo dengan lintas sektor terutama daerah rawan longsor dan kekeringan.

"Alhamdulillah kegiatan ini dapat dukungan penuh dari PCNU Ponorogo, mulai NU Care-LAZISU, Lakpesdam, Sarbumusi, Ansor- Banser, MWCNU, Muslimat, Fatayat, IPNU/IPPNU, CBP-KKP, SAR Banser, SPA Ponorogo, Santri Hutan, SVP Ponorogo, Perhutani Badegan, Mata Air Indonesia Foundation serta LMDH," tambah Novi.

"Ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu penghijauan di Bukit Suharto, terutama pihak LPBINU Ponorogo," kata Edi Suyanto Kades Badegan.

Editor: Kendi Setiawan
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG