IMG-LOGO
Daerah

Pelajar NU Pangkah Napak Tilas Tokoh Kabupaten Tegal

Selasa 18 Februari 2020 19:45 WIB
Pelajar NU Pangkah Napak Tilas Tokoh Kabupaten Tegal
Rombongan IPNU-IPPNU Pangkah, Kabupaten Tegal saat ziarah di makam Ki Enthus Susmono (Foto: NU Online/Nurkhasan)
Tegal, NU Online
Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Pangkah Ayu Rahmawati mengatakan, kegiatan yang digawangi Departemen Dakwah menyambangi Lima tokoh sesepuh dan pendiri Kabupaten Tegal. 
 
"Di antaranya makam mantan Bupati Tegal Ki Enthus Susmono di Bengle Talang, makam Sunan Amangkurat Tegalarum, makam Ki Ageng Hanggawana dan Pangeran Purbaya Kalisoka, serta makam Bupati Tegal pertama Ki Gede Sebayu di Danawarih Kecamatan Balapulang," ujarnya.

Dikatakan, kegiatan menyambut Hari Lahir (Harlah) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan IPPNU tahun 2020,PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah sengaja menggelar ziarah Lokal yang dikemas dalam Napak Tilas Tokoh Kabupaten Tegal, Ahad (16/02).

"Kegiatan diikuti 60 peserta perwakilan IPNU-IPPNU ranting se Kecamatan Pangkah. Banyak cerita menarik dan pengalaman spiritual yang didapat oleh peserta," ujarnya.
 
Koordinator Departemen Dakwah PAC IPNU Kecamatan Pangkah Ibnu Akil Mz kepada NU Online Senin (17/2) mengungkapkan, kegiatan Napak Tilas mengusung Tema 'Meneguhkan Generasi NU Untuk Memperjuangkan dan Mempertahankan Tradisi Ahlussunnah Wal Jamaah'.
 
"Dengan adanya ziarah Lokal ini, diharapkan IPNU IPPNU bisa mengetahui sejarah para salafus shalih dan tokoh terutama yang berada di Kabupaten Tegal ini. Bagaimana mereka memperjuangkan Agama Islam pada masa itu. Selain itu, kita berharap dapat keberkahan darinya," ungkapnya.
 
Pembina PAC IPNU Kecamatan Pangkah Moh Naenul Rizqoni menyampaikan apresiasi atas program yang dicanangkan oleh Pelajar NU Kecamatan Pangkah. Menurutnya, hal yang demikian menjadi tolok ukur kematangan warga NU dalam beramaliyah. 
 
"Tidak hanya fokus pada pengembangan organisasi secara formal saja, melainkan masuk pada ranah spiritual yakni menjalankan Amaliyah yang menjadi ciri khas Ahlusunah Wal Jama’ah An Nahdliyah," pungkasnya. 
 
Kontributor: Nurkhasan
Editor: Abdul Muiz
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG