Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Ansor Sukoharjo: Turnamen 'Sorban Rojo Cup' untuk Lawan Radikalisme

Ansor Sukoharjo: Turnamen 'Sorban Rojo Cup' untuk Lawan Radikalisme
Turnamen futsal 'sorban rojo cup' Ansor Sukoharjo, Jateng (Foto: NU Online/Masri Zaini)
Turnamen futsal 'sorban rojo cup' Ansor Sukoharjo, Jateng (Foto: NU Online/Masri Zaini)
Sukoharjo, NU Online
Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Sukoharjo, Sahid Mubarok sangat mendukung dan menyambut baik kegiatan turnamen Sorban Rojo Cup yang diselenggarakan oleh PAC Kecamatan Grogol. 
 
"Sukses untuk semua, kami berharap kegiatan turnamen ini bukan hanya sekali ini saja, namun setiap tahun sekali dan digilir setiap PAC harus mengadakan," harap Sahid kepada NU Online, Selasa (18/2).
 
Dikatakan, turnamen ini bisa menyatukan segala perbedaan yang ada. "Jika kita kompak, maka segala bentuk radikalisme tidak akan pernah bisa masuk ke tubuh ansor dan banser, " ujarnya.
 
Menurutnya, Ansor Banser (Sorban) harus satu kata dalam melawan radikalisme dan oknum perusak keutuhan NKRI, selain semangatnya untuk melawan itu juga harus dipersiapkan fisiknya, salah satunya dengan kegiatan turnamen futsal Sorban Rojo Cup di Lapangan Futsal Manang Sport Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah.
 
Panitia penyelenggara Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Kecamatan Grogol untuk pertama kalinya mengadakan Turnamen Futsal Ansor Banser sebagai gerakan awal yang bagus. 
 
Kegiatan diadakan pada ahad (16/2) kemarin dalam rangka menyambut hari lahir (Harlah)ke-86 GP Ansor tahun 2020 ini mengambil tema 'Ansor Banser Trengginas Sapu Bersih Perongrong NKRI'.
 
Ketua Panitia Penyelenggara Turnamen Sorban Rojo Cup PAC GP Ansor Grogol, Fikri Haikal berujar, turnamen diikuti oleh 11 tim berasal dari seluruh PAC GP Ansor Kecamatan di Kabupaten Sukoharjo, diantaranya ada tim tuan rumah Grogol, kemudian Baki, Kartasura, Mojolaban, Polokarto, Nguter, Bulu, Weru, Tawangsari, Sukoharjo Kota, dan Bendosari.
 
"Selamat bertanding, tunjukkan semangatmu bahwa kamu bisa dan sportif," ujarnya sambil menyemangati.
 
Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Grogol, Suwondo menjelaskan, pertandingan futsal dipilih karena penggemarnya banyak, ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah tim yang mengikuti turnamen, serta banyaknya jumlah penonton, terlebih olahraga ini juga mempunyai falsafah tersendiri bagi dirinya. 
 
"Tim Futsal meski hanya mempunyai jumlah pemain yang sedikit, namun untuk memenangkan sebuah pertandingan haruslah mempunyai kerja sama dan komunikasi yang baik antar sesama anggota tim. Harus juga mempunyai strategi dan pembagian tupoksi yang jelas, sehingga siapa sebagai apa?, serta siapa berbuat apa? Benar-benar dijalankan agar bisa menjadi tim yang bagus ketika bertanding dan memenangkan pertandingan," jelas Suwondo.
 
Di akhir pertandingan, tim futsal PAC Ansor Polokarto dinobatkan sebagai juara, setelah berhasil  menaklukkan PAC Ansor Kartasura di babak final. Sementara PAC Ansor Bendosari menyandang juara ketiga, dan PAC Ansor Nguter di tempat keempat.
Penyerahan piala dan hadiah uang pembinaan bagi para juara diberikan secara langsung oleh Camat Grogol, Bagas Windaryatno.

"Banser harus satu kata dalam melawan radikalisme dan oknum perusak keutuhan NKRI, selain semangatnya untuk melawan itu juga harus dipersiapkan fisiknya, salah satunya dengan turnamen futsal ini" terang Bagas.

Kontributor: Masri Zaini 
Editor: Abdul Muiz
BNI Mobile