IMG-LOGO
Daerah

Gali Potensi Zakat, LAZISNU Jember Bentuk Kepengurusan Lintas Level


Rabu 19 Februari 2020 16:30 WIB
Bagikan:
Gali Potensi Zakat, LAZISNU Jember Bentuk Kepengurusan Lintas Level
Suasana launching JPZIS Pesantren al-Muttaqin Kelurahan Banjarsengon, yang diresmikan oleh pengurus NU Care-LAZISNU Jember. (Foto: NU Online/Aryudi AR)

Jember, NU Online

Pengurus Cabang Lembaga Amil Zakat, Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (PC LAZISNU) Jember, Jawa Timur bergerak cepat untuk menggali potensi zakat, infaq dan sedekah (ZIS) di tengah-tengah masyarakat. Salah satu caranya adalah membentuk kepengurusan baik di tingkat MWCNU, Ranting NU maupun lembaga pendidikan. Menurut Ketua PC LAZISNU Jember, Fathor Rosyid, pembentukan kepengurusan di semua lini penting untuk menjaring ZIS di kalangan warga.

 

“Sambil jalan kami lengkapi dulu infrastrukturnya, insyaallah bisa menggali ZIS secara maksimal,” ujarnya usai peluncuran JPZIS (Jaringan Pengelola Zakat, Infaq, Sedekah) di Pondok Pesantren Al-Muttaqin, Kelurahan Banjarsengon, Kecamatan Patrang, Jember, Jawa Timur, Selasa (18/2) malam.

 

Dosen IAIN Jember itu menambahkan, JPZIS merupakan jejaring kultural NU di seluruh Indonesia dan luar negeri yang berfungsi sebagai perpanjangan tangan dari struktur NU Care-LAZISNU pada setiap level seperti masjid, mushala, jam’iyah dan sebagainya.

 

“Jadi JPZIS itu yang membentuk adalah LAZISNU, berlaku selama dua tahun, dan bisa diperpanjang. Dengan begitu apa yang dilakukan JPZIS terkait dengan ZIS adalah legal. Tugasnya adalah membantu mengumpulkan, mendistribusikan, dan mendayagunakan zakat, infaq, sedekah, dan dana sosial keagamaan lainnya sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” urainya.

 

Rosyid menambahkan, kedepan pihaknya akan terus membentuk kepengurusan pengelola ZIS di berbagai level, termasuk pembentukan kepengurusan UPZIS (Unit Pengelola Zakat, Infaq, Sedekah). UPZIS adalah lembaga pengelola ZIS di tingkat MWCNU.

 

“Insyaallah, nanti malam (Rabu,19/2) LAZISNU akan membentuk UPZIS di MWCNU Jenggawah,” jelasnya.

 

Rosyid menyatakan optimismenya LAZISNU Jember akan bisa mengumpulkan ZIS secara maksimal lantaran dukungan infrastruktur yang cukup lengkap. Tugas pengurus JPZIS maupun UPZIS bukan semaa-mata mengumpulkan dan membagi ZIS tapi juga memberikan pencerahan kepada masyarakat tentang pentingnya mengeluarkan ZIS. Terutama zakat, yang memang menjadi kewajiban bagi Muslim yang hartanya sudah memenuhi jumlah standar untuk dikeluarkan zakatnya.

 

“Pencerahan dan penyadaran penting untuk terus digelorakan agar muzakki dapat mememuhi kewajibannya,” ungkap Royid.

 

Pewarta: Aryudi AR

Editor: Ibnu Nawawi

 

Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG