Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Ultah, MAN 1 Brebes Terima Hibah 1 Hektar

Ultah, MAN 1 Brebes Terima Hibah 1 Hektar
Upacara serah terima aset antara Pemkab Brebes dan MAN 1 Brebes, Selasa (28/2). (Foto: NU Online/Wasdiun)
Upacara serah terima aset antara Pemkab Brebes dan MAN 1 Brebes, Selasa (28/2). (Foto: NU Online/Wasdiun)
Brebes, NU Online
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Brebes menerima "kado" ulang tahun berupa tanah 1 hektar dalam bentuk hibah dari Pemerintah Kabupaten  Brebes. Hibah diserahkan Wakil Bupati Brebes kepada Kepala Biro Keuangan dan Barang Milik Negara Kementerian Agama RI Moh Ali Irfan saat berlangsung peringatan Harlah ke-37 madrasah tersebut, Selasa (18/2).

Serah terima aset juga sebagai upaya menuju opini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) bagi Pemkab Brebes dengan terus melakukan penataan dan pendataan aset daerah. Salah satunya, berupa serah terima gedung MAN 1 Brebes di kompleks Islamic Center kepada Pemkab Brebes. Sebaliknya, Pemkab Brebes memberikan hibah tanah seluas 1 hektar kepada Kemenag untuk digunakan MAN 1 Brebes.

Wakil Bupati Brebes, Narjo, mewakili bupati menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran Bupati Brebes Idza Priyanti secara langsung. Bupati Idza sedang berada di luar kota karena tugas yang tidak bisa diwakilkan.

Atas nama pemkab dan pribadi, Narjo mengucapkan selamat merayakan harlah ke-37 untuk sekolah berbasis agama tersebut. "Semoga MAN 1 Brebes semakin maju dan berkembang serta berkualitas," ucapnya.

Kepala Biro Keuangan dan Barang Milik Negara Kemenag RI Moh Ali Irfan menjelaskan, serah terima aset sama sekali tidak menyalahi aturan. Sebab, tidak mengurangi atau menghilangkan sebuah aset negara. Melainkan hanya mengalihtempatkan tata administrasinya saja.

Ali Irfan menambahkan, predikat WTP akan sulit dicapai Brebes jika penataan masalah aset masih karut marut. “Untuk itu, perlu melakukan kordinasi yang baik dalam penanganan aset. Salah satu hasil koordinasi yang baik tersebut yaitu kegiatan serah terima aset dan hibah yang dilaksanakan hari  ini,” tandasnya.

Kepada jajaran MAN 1 Brebes, ia mengajak untuk bersyukur atas diterimanya tanah hibah seluas 1 hektar dari Pemkab Brebes. "Ini kado istimewa yang akan mendatangkan keberkahan. Pahalanya tidak akan terputus karena lahan ini bisa mencetak anak saleh dan tumbuhnya ilmu yang bermanfaat," tandas Ali Irfan.

Untuk itu, Ali berharap tanah tersebut bisa dipergunakan semaksimal mungkin untuk melakukan pengembangan MAN 1 Brebes menjadi lebih baik.

Hadir dalam serah terima Wabup Brebes Narjo, Karo Keuangan dan BMN Kemenag Moh Ali Irfan, Kasi Sarana Prasarana Kanwil Kemenag Jawa Tengah Ahmad Farid, Kakankemenag Brebes Mahrus, Kepala MAN 1 Brebes Tobari, tokoh agama Brebes KH Subhan Makmun, KH Jaerukhi, KH Athoillah, beberapa Kepala OPD dan kepala sekolah serta tamu undangan lainnya.

Kontributor: Wasdiun
Editor: Musthofa Asrori
BNI Mobile