Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Beragam Kegiatan Pembentukan Karakter di MIMANU Penolih Purbalingga

Beragam Kegiatan Pembentukan Karakter di MIMANU Penolih Purbalingga
Gelaran makan bersama usai Tahlil setiap Jumat di MIMANU Penolih Purbalingga. (Foto: MIMANU Penolih)
Gelaran makan bersama usai Tahlil setiap Jumat di MIMANU Penolih Purbalingga. (Foto: MIMANU Penolih)
Purbalingga, NU Online
Untuk meningkatkan prestasi dan terbentuknya karakter peserta didik, Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif Nahdatul Ulama (Mimanu) Penolih, Kaligondang, Purbalingga, Jateng menggelar beragam kegiatan literasi dan ekstrakulikuler.
 
Kepala MIMANU Penolih H Ahmadi mengatakan kegiatan yang diadakan ada yang bersifat harian ataupun mingguan. "Kegiatan tergolong sangat padat dari sebelum masuk pelajaran sampai setelah pulang sekolah atau ekstrakulikuler," ujarnya, Rabu (19/2).
 
Ia menambahkan, tujuan dari kegiatan yang banyak ini tidak lain demi keberhasilan prestasi peserta didik, baik akademik ataupun nonakademik.
 
"Setiap hari aktivitas dimulai pukul 06.30 WIB dengan menggelar deklit (terpal alas duduk) di halaman. Peserta didik diajak melakukan pembacaan surat-surat pendek, nadhoman Asmaul Husna, Shalawat Asghil. Selain itu juga menyanyikan lagu Indonesia Raya, Garuda Pancasila, Mars Ma'arif, subhanul wathan, dan diakhiri yel yel penyemangat," rincinya.
 
Usai kegiatan di halaman, lanjut Ahmadi, guru masuk ke ruang guru, berdoa bersama, pembacaan visi misi, pembacaan lima budaya kerja dan akhiri breafing.
 
"Selain itu kegiatan yang bersifat harian adalah shalat Duha, pembelajaran Al-Qur'an, dan sholat Dzuhur berjamaah," tambahnya.
 
Kegiatan mingguan khususnya hari Jumat berupa kegiatan hari iman dan taqwa (Himtaq) yaitu pembacaan tahlil. Kegiatan ini para guru dan peserta didik mengenakan baju Muslim dan menggunakan sarung. Selain itu, untuk lebih mengenalkan NU, para siswa mengenakan peci hitam berlogo NU.
 
Setelah kegiatan Himtaq, dilanjutkan makan bersama bekal makan sehat yang dibawa dari rumah oleh masing-masing siswa.
 
Sedangkan kegiatan pada setiap hari Sabtu diadakan kegiatan senam atau jalan sehat. Kegiatan dilanjutkan potong kuku sebagai pengamalan menjaga kesehatan mulai dari diri sendiri.
 
Masih ditambah dengan kegiatan ekstrakulikuler secara rutin, pada hari Senin adaiadakan pelatihan Seni Baca Al-Qur'an atau Tilawah dan Pencak Silat Pagar Nusa.
 
"Hari Selasa pelatihan seni hadrah; Kamis sepak bola; dan pada hari Sabtu kegiatan Pramuka," katanya.
 
Pelatih profesional
H Ahmadi menambahkan demi tercapainya prestasi, dalam memberikan pelatihan kepada siswa, sekolah tidak asal-asalan. "Kami datangkan pelatih profesional di bidangnya. Semua ditangani oleh tenaga profesional," kata H Ahmadi.
 
Mengenai prestasi H Ahmadi menyampaikan sudah banyak prestasi yang diraih oleh madrasah yang dipimpinnya. "Terbaru minggu kemarin pada hari Sabtu 15 Februari kami menjadi Juara 3 Pesta Siaga tingkat Kwarran Kaligondang," ujarnya.
 
Anak didik di MIMANU disebutnya juga banyak yang multitalenta. Misalnya selain sebagai vokalis hadrah 'Lintang Sanga', tahun kemarin menjadi Juara 3 MTQ Pelajar tingkat Kabupaten Purbalingga.
 
"Siswa multitalenta itu bernama Laeli Nurlita yang sekarang duduk di kelas 5," katanya.
 
H Ahmadi juga menyampaikan saat ini jumlah siswa MIMANU Penolih sebanyak 142 siswa. Setiap tahun terjadi peningkatan jumlah siswa.
 
"Sepuluh tahun yang lalu cuma memiliki seratus siswa, guru yang ada delapan guru dan satu tenaga kebersihan," H kata Ahmadi.

Fasilitas sekolah yang ada di MIMANU Penolih adalah enam ruang kelas, perpustakaan, UKS, gudang, ruang guru, ruang kepala sekolah, dan koperasi," jelas H Ahmadi
 
Salah satu orang tua siswa bernama Miswati mengatakan dirinya sangat bangga bisa menyekolahkan anaknya di MI Ma'arif NU Penolih. Menurutnya anak tidak hanya belajar ilmu teori, tapi adanya ekskul sangat baik dampak postifinya.
 
"Anak saya memiliki rasa percaya diri dan mudah-mudahan ini menjadi bekal untuk menjadi calon-calon pemimpin," harap Miswati.
 
 
Kontributor: Ahmad Prayitno
Editor: Kendi Setiawan
BNI Mobile