Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Ansor Tegal Fokus Garap Pemberdayaan Ekonomi  untuk Kemandirian Kader

Ansor Tegal Fokus Garap Pemberdayaan Ekonomi  untuk Kemandirian Kader
Ansor Kabupaten Tegal saat silaturahim dengan anggota DPRD (Foto: NU Online/Saiful Bahri)
Ansor Kabupaten Tegal saat silaturahim dengan anggota DPRD (Foto: NU Online/Saiful Bahri)
Tegal, NU Online
Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Tegal Jawa Tengah, Nur Fanani mengatakan, program-program Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Tegal bakal fokus pemberdayaan ekonomi kader Ansor dan masyarakat.
 
"Ini penting mulai dilakukan, mengingat mayoritas kader Ansor di Kabupaten Tegal berada di pedesaan dengan berbagai sumber mata pencaharian, maka pemberdayaan ekonomi akan menjadi titik fokusnya," ungkap Nur Fanani kepada NU Online, Jumat (21/02) di Gedung PCNU Kabupaten Tegal. 
 
Dijelaskan, pemberdayaan ekonomi kader Ansor menjadi program awal Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Tegal dengan harapan mampu mengangkat perekonomian dari bawah dan mampu ditindaklanjuti dengan baik oleh kader yang lain maupun masyarakat secara umum.
 
“Salah satu program unggulan kami adalah mengangkat perekonomian kader, hal ini sebagai langkah awal kami dalam menggerakkan ekonomi masyarakat Nahdliyin yag kemudian menjadi bagian program besar pengentasan kemiskinan di Kabupaten Tegal," ungkapnya.
 
Dia menambahkan, pihaknya siap mendorong dan akan mengawal kader-kader Ansor Kabupaten Tegal khususnya para wirausahawan baru untuk terus maju dan berkembang. 
 
"Sesuai data yang kami miliki, banyak kader Ansor yang memiliki usaha kecil di berbagai bidang, baik perdagangan, konveksi, kerajinan kayu, seni, dan bidang yang lain. Untuk itu kami optimis bahwa Kader Ansor Kabupaten Tegal akan mampu menjadi salah satu pelopor kemandirian ekonomi di Kabupaten Tegal," ungkapnya.
 
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tegal H Agus Salim saat menerima audensi Pimpinan Cabang GP Ansor Kabupaten Tegal menyampaikan dukungannya terhadap berbagai program kegiatan yang dirancang oleh Gerakan Pemuda Ansor. Salah satunya yakni dalam pengentasan kemiskinan.
 
Menurut mantan Bendahara PC IPNU Kabupaten Tegal itu, banyak hal yang menjadi program bersama antara Ansor Kabupaten Tegal dan program pemerintah daerah di antaranya program pengentasan kemiskinan. 
 
"Ansor Kabupaten Tegal harus menjadi salah satu suksesor pemerintah dalam mendukung program-program pemerintah daerah dalam rangka pengentasan kemiskinan khususnya program kemandirian ekonomi kerakyatan," ujarnya.
 
Terkait kemiskinan lanjut Agus, saat ini Kabupaten Tegal menempati posisi 9 di antara Kabupaten Kota se Provinsi Jawa Tengah dengan jumlah pengangguran dua kali lipat dari prosentase di Jawa Tengah. 
 
"Untuk itu kami berharap Ansor Kabupaten Tegal mampu bersinergi dengan pemerintah Kabupaten dalam program–program pengentasan kemiskinan. Dan kami mendukung konsep dan pemikiran dari pengurus Ansor Kabupaten Tegal sekaligus kami siap membantu baik moril maupun materiil," imbuhnya.
 
Ketua Panitia Pelantikan GP Ansor Kabupaten Tegal Idris Tsalis menjelaskan, audensi dengan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Tegal merupakan rangkaian safari silaturahim menjelang pelantikan PC GP Ansor yang akan diselenggarakan pada 8-9 Maret 2020. 
 
“Acara mengangkat tema besar 'Bergerak Mengangkat Ekonomi Kader'. Ini sesuai dengan komitmen Ansor Kabupaten Tegal dalam program kemandirian ekonomi. Oleh karena itu, seminar ekonomi kreatif akan menjadi salah satu agenda kita nanti. Mohon partisipasi dan kerja sama seluruh kader Ansor Kabupaten Tegal dan masyarakat untuk suksesnya acara dimaksud," ujarnya.
 
Rangkaian pelantikan PC GP Ansor Kabupaten Tegal bakal dimeriahkan sejumlah kegiatan antara lain, Ansor Expo-Job Fair, Stand Up Comedy, Seminar Ekonomi Kreatif, Apel Gelar Pasukan Banser, Pagelaran Budaya Wayang Kebangsaan, Slawi Bersholawat, dan acara puncak pelantikan yang dipusatkan di Taman Rakyat Slawi Ayu (Trasa).
 
Dijadwalkan hadir dalam acara tersebut Mustasyar PBNU Habib Lutfi Bin Yahya, Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) GP Ansor H Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut), Ketua Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor Jawa Tengah H Sholahudin Aly, Grup Shalawat Az-Zahir Pekalongan, Banom NU, sejumlah tokoh dan ribuan kader Ansor Banser se-Kabupaten Tegal. 
 
Kontributor: Saiful Bahri, Nurkhasan
Editor: Abdul Muiz
BNI Mobile