IMG-LOGO
Daerah

Jadi Juara Teladan, Poskestren Riyadl Sedan Terima Kunjungan Balkesmas Pati 

Jumat 21 Februari 2020 21:45 WIB
Jadi Juara Teladan, Poskestren Riyadl Sedan Terima Kunjungan Balkesmas Pati 
Tim Balkesmas Pati bersama pengurus pesantren memperagakan simbol Gerakan Masyarakat Sehat. (Dok: Pesantren Riyadl)
Rembang, NU Online
Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren) Riyadlatut Thalabah, Kecamatan Sedan, Kabupaten Rembang, menerima kunjungan Balai Kesehatan Masyarakat (Balkesmas) wilayah Pati. Balkesmas Pati mengunjungi Poskestren di pesantren tersebut dalam rangka meninjau sebagai Poskestren Teladan.

Pembina Poskestren Riyadlatut Thalabah Ikhda Khullatil Mardliyah mengatakan hal tersebut usai menerima kunjungan Balkesmas Pati, Kamis (20/2). Kedatangan Balkesmas untuk meninjau langsung dan mengevaluasi Poskestren di Pesantren Riyadl Sedan.

“Peninjauan dilakukan dalam rangka mengecek kesiapan pesantren itu dalam acara lokakarya Poskestren di Pati pada 2-3 April 2020 mendatang,” ujar Ikhda, kepada NU Online, Kamis (21/2) sore.

Ikhda, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa lokakarya tersebut hendak mengundang poskestren teladan se-Karesidenan Pati, termasuk Pesantren Riyadlatut Thalabah Rembang sebagai salah satu narasumbernya.

“Jadi, tamu Balkesmas Pati ini meninjau langsung dan mengevaluasi poskestren yang dimiliki Pesantren Riyadl. Kami siap dan terbuka menerima kritikan dan masukan untuk menjadi poskestren yang lebih baik lagi,” ujarnya.

Menurut dia, poskestren yang ia bina memiliki sejumlah prestasi, antara lain Poskestren Teladan sejak April 2019. “Poskestren ini merupakan tim medis yayasan dalam setiap kegiatan yang membutuhkan tim medis,” ungkap Ikhda.

Apoteker lulusan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini menambahkan, selain dari Balkesmas Pati sebagai perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, hadir pula dua pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang, dua petugas Puskesmas Kecamatan Sedan.

“Para tamu disambut hangat dua orang pembina Poskestren Riyadl dan dua kader dari poskestren tersebut. KH Adib Munawar dan Ibu Nyai selaku pengasuh pesantren juga turut menyambut,” ungkapnya.

Peninjauan yang dilakukan Balkesmas, lanjut dia, di antaranya meliputi pengamatan kondisi pesantren dan poskestren yang ada dengan mengecek kelengkapan peralatan, obat-obatan, administrasi, rekam medis, dan kegiatan-kegiatan kesehatan lainnya. Selain itu, juga melihat kamar-kamar santri, dapur, melihat lingkungan, kamar mandi, termasuk jemuran dan lain-lain.

Hasil inspeksi langsung oleh Balkesmas Pati memberi respons yang baik terhadap Poskestren asuhan KH Adib Munawar ini. Tim banyak menemukan hal yang mendukung pencapaian poskestren di Sedan itu sebagai poskestren teladan.

“Alhamdulillah, kami mendapat respons baik. Karena memang kebersihan menjadi perhatian utama kita, misalnya, adanya ro’an tiap hari. Dalam mendukung kesehatan kami juga rutin mengadakan senam setiap Jum’at pagi. Selain itu, penyuluhan tentang kesehatan di pesantren juga rutin dilaksanakan,” pungkas Ikhda.

Kontributor: Afina Izzati
Editor: Musthofa Asrori
 
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG