IMG-LOGO
Daerah

Jelang Harlah, PCNU Pamekasan Ziarah ke-23 Maqbarah Pendiri NU

Ahad 23 Februari 2020 17:00 WIB
Jelang Harlah, PCNU Pamekasan Ziarah ke-23 Maqbarah Pendiri NU
Suasana zikir dan tahlil PCNU Pamekasan di maqbarah para pendiri NU. (Foto: NU Online/Hairul Anam)

Pamekasan, NU Online

Sebanyak 23 maqbarah pendiri NU diziarahi oleh PCNU Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Ahad (23/2). Itu sebagai pembuka peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-97 organisasi yang didirikan oleh Syhaikhona Hasyim Asy'ari itu.

 

Koordinator Divisi Pengajian, Ziarah Maqbarah dan NU Award Harlah ke-97 NU PCNU Pamekasan, Maltuful Anam mengungkapkan, ziarah maqbarah ini merupakan media bertawasul kepada Allah melalui para pendiri NU.

 

“Semoga melalui tawasul kepada para pendiri NU, negeri kita ini semakin baik, damai, tenteram dan sejahtera, dan juga rangkaian agenda Harlah NU ke-97 bisa berjalan lancar dan bernilai ibadah,” ujarnya usai bertawasul di pemakaman Ke Ratoh Sumber Anyar, Tlanakan, Pamekasan.

 

Menurut Ra Maltuf, panggilan akrab Ra Maltuful Anam, kegiatan tersebut diagendakan berlangsung mulai Ahad hingga Senin (25/2) mendatang. Setidaknya ada 23 maqbarah di titik yang berbeda.

 

“Terdapat 23 maqbarah pendiri NU se-Kabupaten Pamekasan yang akan kita ziarahi,” jelas Ketua Majelis Dzikir dan Shokawat Rijalul Ansor (MDS RA) PC GP Ansor Pamekasan itu.

 

Dosen STAIMU Panyeppen, Palengaan, Pamekasan itu menambahkan, sasaran di hari pertama meliputi kompleks pemakaman Pondok Pesantren Matsaratul Huda Panempan, pemakaman Pesantren Sumber Anyar Tlanakan, pemakaman Astah Buju’ Ratoh Sumber Anyar, dan pemakaman Pesantren Miftahul Ulum Bettet Pamekasan.

 

“Pukul 08.00 tadi kami berangkat dari Kantor PCNU Pamekasan ke astah (Pesntren) Panempan, dilanjutkan ke Astah Buju’ Ratoh dan astah yang ada di Pondok Sumber Anyar. Siangnya, setelah shalat zuhur, kita lanjut ke Pondok Bettet,” imbuh calon Doktor Pendidikan Bahasa Arab tersebut.

 

Mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Surabaya ini berharap, melalui agenda yang menjadi tanggung jawabnya itu, rangkaian peringatan Harlah ke-97 NU dapat berjalan lancar dan sukses berkat berkah para pendiri NU Kabupaten Pamekasan.

 

Semoga dengan barakah para muassis Nahdlatul Ulama Kabupaten Pamekasan, harap Ra Maltuf, semua rangkaian kegiatan Harlah NU ke-97 yang diagendakan oleh PCNU Pamekasan dapat berjalan lancar dan sukses.

 

"Dengan penuh keikhlasan, haqqul yaqin semua kegiatan PCNU Pamekasan bernilai ibadah dan berkah," tukasnya.

 

Kontributor: Hairul Anam

Editor: Aryudi AR

Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG