2,7 Miliar Tersalurkan oleh LAZISNU NTB Sepanjang 2019

2,7 Miliar Tersalurkan oleh LAZISNU NTB  Sepanjang 2019
Beberapa program penyaluran LAZISNU NTB ditampilkan di papan informasi di Gedung PWNU NTB di Kota Mataram. (Foto: Yusuf Tanthowi)
Beberapa program penyaluran LAZISNU NTB ditampilkan di papan informasi di Gedung PWNU NTB di Kota Mataram. (Foto: Yusuf Tanthowi)
Mataram, NU Online
Kepercayaan masyarakat terhadap Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) NTB semakin meningkat. Hal itu bisa dilihat dari besarnya dana bantuan yang terkumpul dan disalurkan melalui LAZISNU NTB periode Januari-Desember 2019 yang mencapai 2,7 miliar rupiah.
 
Angka tersebut terkumpul baik melaui itu program kotak infak (Koin NU), donator tetap, maupun bantuan langsung dari berbagai pihak. Dari sisi penggalangan Koin NU mencapai 650 kotak yang tersebar di berbagai kabupaten dan kota di NTB.
 
Ketua NU Care-LAZISNU NTB, Saprudin menegaskan pencapaian tersebut tak luput dari kinerja para pengurus LAZISNU NTB.
 
"Alhamdullah, berkat kerja keras dan kinerja teman-teman Pengurus Wilayah LAZISNU NTB  sekarang mulai dikenal oleh masyarakat," kata Saprudin pada pembukaan Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) NU Care-LAZISNU NTB, Sabtu, (22/2) di Mataram.
 
Menurut Saprudin, dana donasi 2,7 miliar itu kemudian didistribusikan untuk berbagai bentuk kegiatan. Mulai bidang agama, pendidikan, kesehatan, dan pembangunan infrastruktur fisik. Penyaluran juga massif pada program penanganan kebencanaan yang terjadi di NTB.

"Sebagian besar dana 2,7 miliar itu terserap untuk program penanganan kebencanaan sebanyak 1,9 miliar," tambah Bendahara LAZISNU NTB, Ustadz Solihin.
 
Melalui Program NU Peduli Lombok tahun 2018-2019, PW LAZISNU NTB bekerjasama dengan LAZISNU PBNU telah membangun 616 unit rumah permanen, 22 unit masjid dan mushala, 14 unit MCK, 1200 unit school kits untuk santri, santunan, penyaluran zakat dan pelatihan UMKM bagi warga terdamapka gempa bumi.
 
Sejak berdiri tahun 2016 lalu, PW LAZISNU NTB telah memiliki perlengkapan kantor, mobil ambulans, dan kantor operasional yang beralamat di Jalan Ahmad Yani, Sayang-Sayang, Kecamatan Cakranegara, Mataram.    
 
Dalam Rakorwil juga diungkapkan target donasi yang akan dikumpulkan oleh PW LAZISNU NTB tahun 2020 ini sebesar 5 miliar. Terget itu dirumuskan secara bersama antara pengurus wilayah dan pengurus cabang LAZISNU se-Lombok di kantor PWNU NTB. 
 
"Proyeksi itu menjadi target bersama antara PW LAZISNU NTB bersama lima PC LAZISNU yang hadir pada acara Rakorwil yang lalu," kata Ust.Solihin.
 
Tahun ini, selain memassifkan kinerja NU Care-LAZISNU di Pulau Lombok, juga menargetkan di Pulau Sumbawa yang masih masuk dalam Provisni NTB.
 
Kontributor: Yususf Tanthowi
Editor: Kendi Setiawan
BNI Mobile