Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Gelar Rakerancab, PAC Ansor Dawe Kudus Luncurkan Buku Pedoman Administrasi

Gelar Rakerancab, PAC Ansor Dawe Kudus Luncurkan Buku Pedoman Administrasi
Para pengurus PAC GP Ansor Dawe Kudus menunjukkan buku panduan administrasi singkat. (Foto: Dok. Ansor Dawe)
Para pengurus PAC GP Ansor Dawe Kudus menunjukkan buku panduan administrasi singkat. (Foto: Dok. Ansor Dawe)
Kudus, NU Online
Rapat Kerja Anak Cabang (Rakerancab) Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda (PAC GP) Ansor Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, kali ini terlihat berbeda. Pasalnya, PAC GP Ansor Dawe Kudus membuat gebrakan baru. Yakni, menyusun buku pedoman administrasi.

Sekretaris PAC GP Ansor Dawe Agung Riyanto mengungkapkan, mengingat administrasi merupakan hal penting, pihaknya meluncurkan buku pedoman administrasi singkat dalam Rakerancab yang digelar di Musholla SMK Mambaul Falah, komplek Pesantren Mambaul Falah KH Shiddiq Piji Dawe Kudus, Ahad (23/2) malam.

“Pembuatan buku tersebut terinspirasi dari hasil evaluasi dan juga merupakan sebuah kebutuhan. Di mana administrasi merupakan hal utama dalam berorganisasi. Pembuatan buku tersebut merupakan permintaan dari ranting. Mereka minta dibuatkan buku pedoman singkat administrasi organisasi Ansor,” ungkap Agung, sapaan akrabnya.

Menyadari sampai saat ini belum pernah menemui buku pedoman administrasi secara jelas dan rinci, kecuali peraturan tentang keadministrasian, lanjut dia, gagasan untuk meluncurkan buku pun semakin mantap.

Agung menambahkan, peluncuran buku tersebut diharapkan dapat dipelajari sekaligus dipraktekkan dalam pelatihan administrasi. Rencananya, dibuat acara bedah buku bersama dengan Pimpinan Ranting GP Ansor se-Kecamatan Dawe. Sehingga buku tersebut dapat memberi manfaat dan kemudahan bagi setiap ranting.

“Meski buku panduan itu jauh dari sempurna dan masih perlu perbaikan, setidaknya kami berusaha menjawab kebutuhan organisasi,” terang mantan Ketua PAC IPNU Dawe kepada NU Online melalui telepon seluler, Ahad.

Usai acara, Agung mengirimkan foto-foto daftar isi buku panduan tersebut. Di dalamnya mencakup pembahasan tentang administrasi Ansor, pengertian, fungsi, dan syarat-syarat surat. Selain itu, juga tentang kode tingkat kepengurusan, pedoman surat menyurat dalam Ansor, mekanisme pengiriman surat, jenis-jenis surat, perangkat administrasi, dan diakhiri penyertaan lampiran.

“Meski saat ini buku dicetak terbatas dan hanya untuk kalangan intern, namun saya punya harapan besar bahwa suatu saat buku ini dicetak untuk umum. Saya berharap ada kader yang sama-sama memikirkan hal itu,” terangnya.

Hadir dalam Rakercab tersebut Ketua PAC GP Ansor Kudus Saifuddin, Ketua Rijalul Ansor Kudus HM Fauzul Muna, Komandan Banser, dan sekitar 50 peserta. Dalam acara ini juga diluncurkan media sosial milik PAC Ansor Dawe dengan nama akun ‘Ansor Muria Raya’. Medsos tersebut meliputi Facebook, Instagram, Twitter, dan YouTube.

Kontributor: Afina Izzati
Editor: Musthofa Asrori
 
BNI Mobile