Moderasi dari Sekolah Jadi Tema Lomba Inovasi Pembelajaran Guru Agama

Moderasi dari Sekolah Jadi Tema Lomba Inovasi Pembelajaran Guru Agama
Lomba inovasi pembelajaran inspiratif pendidikan agama berbasis TIK. (Foto: NU Online/panitia)
Lomba inovasi pembelajaran inspiratif pendidikan agama berbasis TIK. (Foto: NU Online/panitia)
Bandar Lampung, NU Online
Radikalisme dan terorisme masih menjadi persoalan sangat serius yang harus dihadapi seluruh elemen bangsa Indonesia. Era globalisasi dengan perkembangan teknologi informasi saat ini memudahkan dua hal ini terjadi setiap saat. Sehingga perlu membangun deteksi dini dan penanaman moderasi beragama kepada seluruh warga bangsa.
 
Terkhusus di lingkungan pendidikan, pemahaman moderasi beragama harus terus diperkuat oleh para pendidik kepada peserta didik sebagai penerus peradaban di masyarakat. Para pendidik harus mampu melakukan inovasi pembelajaran yang efektif dan kreatif guna menanamkan sikap moderat pada pelajar.
 
Upaya ini diwujudkan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) dengan menggelar Lomba Inovasi Pembelajaran Inspiratif Pendidikan Agama Berbasis TIK khusus bagi guru agama. Lomba ini bertema ‘Moderasi dari sekolah dalam rangka menginternalisasikan nilai-nilai agama dan budaya di sekolah dalam menumbuhkan moderasi beragama’.
 
Lomba ini memiliki 6 sub tema yakni kebangsaan, kearifan lokal, damai itu indah, melawan hoaks, keragaman, toleransi, dan cinta tanah air dengan total hadiah sebesar 68,5 juta rupiah. Peserta lomba meliputi guru pendidikan agama, seluruh agama baik PNS maupun non PNS pada TK/PAUD/RA, SD/MI, SMP/MTs, dan sekolah Indonesia luar negeri sederajat.
 
Menyukseskan lomba yang pengiriman karyanya dibuka mulai 4 Maret sampai dengan 14 November 2020 ini, FKPT Lampung segera melakukan sosialisasi ke sekolah dan madrasah di Bumi Ruwa Jurai ini. Kabid Agama, Sosial dan Budaya FKPT Provinsi Lampung H Wasril Purnawan, Senin (24/2) mengatakan bahwa pihaknya mendorong guru di Lampung untuk berpartisipasi dalam lomba ini. 
 
"Mohon kepada seluruh Kepala RA, MI dan MTs negeri dan swasta untuk mendorong guru di Lampung untuk berpartisipasi dalam lomba ini. Madrasah hebat bermartabat untuk Indonesia damai," kata pria yang juga Pejabat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung ini kepada NU Online.
 
Wasril juga mengajak seluruh pemangku kebijakan (stakeholder) terkait menjalin sinergitas untuk lebih menyiarkan moderasi dalam beragama di antaranya melalui lomba ini.
 
Informasi dan petunjuk teknis perlombaan bisa diakses di www.fkptcenter.or.id dengan nara hubung Syarif 081213340158 dan Darma 081317310700. 
 
 
Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Ibnu Nawawi
BNI Mobile