Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Sosialisasi Program, IPNU-IPPNU Blega Bangkalan Turun ke Sekolah-sekolah

Sosialisasi Program, IPNU-IPPNU Blega Bangkalan Turun ke Sekolah-sekolah
Pengurus IPNU-IPPNU Blega saat merealisasikan program sosialisasi ke sekolah-sekolah. (Foto: NU Online/Hairul Anam)
Pengurus IPNU-IPPNU Blega saat merealisasikan program sosialisasi ke sekolah-sekolah. (Foto: NU Online/Hairul Anam)

Bangkalan, NU Online

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Blega, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, nampak gencar turun ke sekolah-sekolah. Itu terhitung selama 10 hari, dari 22 Februari hingga 2 Maret 2020.

 

Mereka melaksanakan program sosialisasi program kerja. Sasarannya lembaga pendidikan tingkat MTs, MA, SMP, SMA, dan SMK.

 

Yayasan Darul Ulum As Syafi'iyah, Desa Lombang Laok, Kecamatan Blega, didatangi kali pertama oleh pimpinan IPNU-IPPNU Blega. Pada Senin (24/2) pagi, berlanjut ke Yayasan Mafatihul Huda Ar-Rosydi, Lombang Laok, kecamatan Blega. Di Yayasan Mafatihul ini terbilang istimewa, karena bertepatan pada Hari Lahir (Harlah) IPNU yang ke-66.

 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh pimpinan PAC IPNU IPPNU Kecamatan Blega dan disaksikan oleh kepala sekolah beserta siswa-siswi SMP dan SMK Mafatihul Huda.

 

“Dengan kegiatan sosialisasi ini diharapkan generasi muda NU, khususnya di tingkat pelajar, mampu mengenal IPNU dan IPPNU. Di samping itu, bisa meneruskan perjuangan para muassis Nahdlatul Ulama," ujar Ketua IPNU Kecamatan Blega, Abu Zeri.

 

Menurut Abu Zeri, kegiatan tersebut dipandang perlu sebagai wujud penerapan visi organisasi yang dinakhodainya.

 

"Yakni terwujudnya pelajar-pelajar bangsa yang bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlakul karimah, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki kesadaran dan tanggungjawab terhadap terwujudnya tatanan masyarakat yang berkeadilan dan demokratis atas dasar ajaran Islam Ahlussunah wal Jama’ah," paparnya.

 

Dengan turun ke sekolah-sekolah, diyakini program kerja IPNU-IPPNU Blega bisa membumi. Tentu juga bisa memperkuat jejaring keorganisasian yang sentuhannya adalah lembaga-lembaga pendidikan.

 

"Pola pendekatan dengan datang langsung ke sekolah-sekolah, tentu sangat efektif ketimbang hanya mengundang perwakilan dari mereka dalam sebuah acara yang kami gelar. Di samping memperkuat networking, juga bisa mengasah spirit silaturrahim yang merupakan bagian dari sunnah Nabi," terangnya.

 

Ia menambahkan, kegiatan tersebut merupakan program kerja departemen kaderisasi yang dilakukan setiap tahun. Tujuannya, guna memperkuat kaderisasi ke tingkat bawah sekaligus membentuk pimpinan komisariat (PK) di SMP dan SMK Mafatihul Huda.

 

"Untuk tahun 2020, kita laksanakan di seluruh MTs-MA dan SMP, SMA dan SMK di Kecamatan Blega sampai 2 Maret nanti. Dan pada hari ini adalah hari ketiga sosialisasi yang bertempat di Yayasan Mafatihul Huda Ar Rosyidiyah," ungkapnya.

 

Apresiasi penuh datang dari kepala sekolah. Sebab, kegiatan tersebut bisa menumbuhkan rasa cinta terhadap organisasi terbesar di Indonesia itu.

 

"Kami sangat berterima kasih atas kunjungan PAC IPNU dan IPPNU Kecamatan Blega yang sudah berkenan hadir di sekolah kami. Dengan adanya sosialisasi ini, siswa-siswi kami bisa mengenal apa itu IPNU dan IPPNU. Lebih dari itu, bisa menumbuhkan rasa cinta terhadap Nahdlatul Ulama," pungkasnya.

 

Kontributor: Hairul Anam

Editor: Aryudi AR

BNI Mobile