Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

GP Ansor Jangan Lelah dan Lengah Jaga Indonesia

GP Ansor Jangan Lelah dan Lengah Jaga Indonesia
Sekreatris Jenderal PP GP Ansor Abdur Rochman memberi pengarahan pada kader di Taman Chandra Wilwatikta, Senin (24/2). (Foto NU Online/Gatot Arifianto)
Sekreatris Jenderal PP GP Ansor Abdur Rochman memberi pengarahan pada kader di Taman Chandra Wilwatikta, Senin (24/2). (Foto NU Online/Gatot Arifianto)
Pasuruan, NU Online
Sekretaris Jenderal PP GP Ansor H Abdur Rochman menegaskan, kader pemuda Nahdlatul Ulama (NU) jangan lelah dan lengah menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

"Masih ada pandangan sekelompok kecil yang menolak Pancasila dan keberagaman. Dalam hal kebangsaan, kader Ansor dan Banser harus melawan hal itu. Pancasila sudah disepakati ulama pendiri bangsa, kiai-kiai NU," ujar pria karib dipanggil Adung itu, di Lapangan Taman Wilwatikta, Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur, Senin (24/2).

Kelompok dimaksud, ujar dia pada ratusan kader yang mengikuti Apel Kebangsaan dan Pembukaan Kursus Banser Pimpinan (Susbanpim) V itu, telah dibubarkan pemerintah. 

Namun demikian, gerakan mereka belum sepenuhnya berhenti. "Karena itu, selain tidak boleh lelah, kita sebagai kader Ansor dan Banser, juga tidak boleh lengah. Kita berkomitmen menjaga Indonesia. Kita akan terus mengawal keberagaman bangsa ini," tegasnya.

Apel Kebangsaan dan Pembukaan Susbanpim V diikuti sekitar 1.300 kader dari Kabupaten Pasuruan berikut 175 peserta dari seluruh provinsi di Indonesia. 

"Banyak mayoritas masih diam terhadap intoleransi. Karena itu Ansor akan terus bergerak. Termasuk menciptakan pemimpin melalui Susbanpim yang akan berlangsung hingga 1 Maret mendatang," Adung menyampaikan itu mewakili Ketua Umum PP GP Ansor H Yaqut Cholil Qoumas. 

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Staf Presiden, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko. Sejumlah perwira TNI dan Polri, jajaran PWNU dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Pada kesempatan itu, Gus Yaqut menyematkan jaket Banser pada Moeldoko. "Keren nggak? Keren ya. Terima kasih kepada GP Ansor yang terus mengawal Indonesia," ujar Moeldoko. 

Pewarta: Gatot Arifianto
Editor: Fathoni Ahmad
BNI Mobile