IMG-LOGO
Daerah

LKNU Situbondo Operasikan Klinik Kesehatan, TMC

Senin 24 Februari 2020 22:00 WIB
LKNU Situbondo Operasikan Klinik Kesehatan, TMC
Papan nama TMC di Desa Blitok, Kecamatan Bungatan, Situbondo, Jawa Timur. (Foto: NU Online/Aryudi AR)

Situbondo, NU Online

Pengurus Cabang Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (PC LKNU) Situbondo, Jawa Timur, selangkah lebih maju. Dalam waktu dekat organisasi NU yang membidangi kesehatan itu akan mengoperasikan TMC (Titian Medical Center), sebuah klinik kesehatan yang terletak di Desa Blitok, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo.

 

Insyaallah tanggal 2 Maret TMC mulai beroperasi di bawah manajemen LKNU,” ujar Ketua PC LKNU Situbondo, KH Saiful Badri di kediamannya di komplek Pondok Pesantren Raudlatul Muta’allimin, Situbondo Kota, Ahad (23/2).

 

Menurut Kiai Saiful, TMC sebenarnya sudah lama berdiri, dan awalnya cukup banyak pasien yang membutuhkan layanan klinik tersebut. Namun entah kenapa, belakangan ‘peminat’ TMC kian menyusut, sepi. Sehingga akhirnya PC LKNU berinisiatif untuk membantu mengelola TMC agar lebih bermanfaat dan berdaya guna.

 

“Saya pun pamit kepada owner-nya (pemilik) untuk membantu mengelola TMC. Kebetulan yang punya adalah santri abah saya,” ujar Kiai Saiful.

 

Ternyata tanggapan pemilik TMC, sangat bagus. LKNU bukan hanya diberi kesempatan membantu mengelola, tapi diberi kewenangan penuh untuk mengelola TMC. Sehingga maju mundurnya TMC tergantung pada profesionalitas tim LKNU Situbondo.

 

“Kami sudah syukuran sekaligus selamatan kecil-kecilan di aula TMC. Waktu itu kami undang dua MWCNU terdekat, Bungatan dan Mlandingan,” tegasnya seraya menambahkan bahwa peresmian TMC secara besar-besaran akan dilakukan oleh KHR Kholil As’ad Syamsul Arifin setelah pulang dari ibadah umrah.

 

Kiai Saiful menegaskan, untuk memulai operasi TMC pada 2 Maret mendatang, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah SDM (sumber daya manusia), dokter umum dan satu dokter spesialis. Bahkan akhir Maret nanti ada dua dokter spesialis kebidanan dan kandungan akan praktik di TMC.

 

“Kita sudah siap segala sesuatunya. Dalam satu dua hari ini akan ada pelatihan untuk tenaga administrasi,” jelasnya.

 

Kiai Saiful berharap agar masyarakat, khususnya Nahdliyin dapat mempercayakan layanan kesehatan kepada TMC. Sebab, TMC resmi dikelola oleh LKNU Situbondo. Sehingga keuntungan yang didapat, juga akan kembali kepada NU dan umat.

 

“Semboyan kami, TMC dari NU untuk masyarakat,” terangnya.

 

TMC akan melayani poli umum, poli gigi, poli spesialis, poli komplementer, rumah khitan, laboratorium, apotek, dan UGD.

 

Pewarta: Aryudi AR

Editor: Muhammad Faizin

 

Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG