Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

NU Pekalongan Buka Posko Pelayanan Korban Banjir

NU Pekalongan Buka Posko Pelayanan Korban Banjir
Relawan NU Mengirim bantuan saat banjir.
Relawan NU Mengirim bantuan saat banjir.

Pekalongan, NU Online

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Pekalongan, Jawa Tengah kembali buka dapur umum untuk melayani warga terdampak banjir akibat hujan yang cukup deras melanda di wilayah Kota Pekalongan pada Ahad (23/2) kemarin.

 

"Ini untuk yang kedua kalinya NU Kota Pekalongan membuka dapur umum di Gedung Aswaja, setelah sepekan sebelumnya melakukan hal yang sama," ujar Ketua PCNU Kota Pekalongan, Muhtarom kepada NU Online, Senin (24/2) malam.

 

Muhtarom mengatakan, selain membuka dapur umum untuk memasak makanan siap saji, PCNU Pekalongan juga menyalurkan bahan makanan berupa beras dan lauk pauk lainnya ke dapur umum yang dibuka oleh NU tinggkat ranting di sekitar lokasi pengungsian.

 

Ia juga menjelaskan bahwa bahan makanan yang dikelola berasal dari donatur NU. "Ada beberapa bantuan berupa beras dari Wali Kota Pekalongan, Ketua DPRD, serta donatur lainnya," ucapnya.

 

Ia menyampaikan apresiasi dan terim kasih kepada para donatur dan khususnya para relawan NU Peduli yang dikoordinasikan Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) NU Kota Pekalongan.

 

Relawan NU Peduli Faisol mengatakan, hingga saat ini relawan terus bekerja menyiapkan makanan siap saji dan diantar kepada para pihak terdampak banjir yang membutuhkan makanan.

 

Ia mengatakan, NU Pekalongan membuka pintu donasi baik dalam bentuk makanan pokok seperti beras dan juga bentuk uang tunai. terdapat sejumlah pejabat tingkat kabupaten kota yang telah mendonasikan bantuan, seperti Wali Kota Pekalongan HM Saelany Machfud, Ketua DPRD Hj Balqis Diab, Habib Luthfi bin Yahya ​​​​​​, serta dari warga pekalongan. 

 

Ia juga menyebut, sejumlah pengurus dan pengurus dan warga NU PCNU Kota Pekalongan juga menyumbang sejumlah uang untuk membantu korban banjir. 


Faisol menambahkan, Posko NU Peduli akan berlangsung sampai banjir surut. Pihaknya juga masih membuka pintu bantuan untuk disampaikan ke Posko NU Peduli di Gedung Aswaja, Jalan Sriwijaya 2, Kota Pekalongan.

 

"Kami bersama relawan akan terus membantu kepada warga terutama makanan siap saji kepada warga baik yang berada di pengungsian maupun ke lokasi-lokasi banjir yang warganya tidak mau mengungsi," pungkasnya.

 

Pewarta: Abdul Muiz

Editor: Ahmad Rozali 

BNI Mobile