IMG-LOGO
Daerah

Melalui SDM Berkualitas, UNU Sumbar Berupaya Tingkatkan Mutu Kampus

Selasa 25 Februari 2020 17:00 WIB
Melalui SDM Berkualitas, UNU Sumbar Berupaya Tingkatkan Mutu Kampus
UNU Sumatera Barat.
Jakarta, NU Online
Sebagai pendatang baru di dunia pendidikan, Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat terus berusaha meningkatkan mutu kampus melalui Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, baik tenaga pengajarnya maupun seluruh pegawainya. 

Kampus yang baru berjalan 2 tahun tersebut juga telah merumuskan pengelolaan kampus yang baik dan maksimal melalui kolaborasi bersama perguruan tinggi yang lebih awal telah berdiri dan dinyatakan telah memenuhi kualifiasi sebagai kampus unggul. 

Rektor UNU Sumbar H Nusra mengatakan saat ini pihaknya fokus meningkatkan kualitas lulusan dan SDM. Menurut dia, sebagai kampus baru persoalan tersebut penting dilakukan oleh lembaganya sebab tolak ukur keberhasilan lembaga pendidikan adalah kualitas lulusan yang memadai. 

“Saya kira itu yang penting dulu meningkatkan kualitas lulusan dan SDM,” kata H Nusra dihubungi NU Online di Jakarta, Senin (24/2) malam. 

Sebagai usahanya, UNU Sumbar beberapa kali memberikan pelatihan untuk pegawai UNU Sumbar dan para dosen. Misalnya, mereka dituntut agar dapat memahami Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, UU 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen dan UU nomor 12 tahun 2012 tentang perguruan tinggi. 

Ia menambahkan, selain kualitas lulusan dan SDM yang menjadi targetnya, pembangunan sarana dan prasarana kampus juga terus dilangsungkan. Upaya itu semata agar UNU Sumbar bisa bersaing dengan kampus-kampus unggul yang ada di Provinsi Sumatera Barat tersebut. 

“Kita perlu bekerja keras karena belum ada yang memenuhi syarat belum memenuhi standar,” tuturnya. 

Saat ini, ujar dia, UNU Sumbar memiliki 250 lebih mahasiswa tersebar di 5 Fakultas dan 10 Program Studi antara lain Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan, Fakultar Perikanan dan Kelautan dan Fakultas Tekhnik. 

Sebelumnya, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj melantik 7 Rektor Perguruan tinggi NU di sejumlah daerah. Adapun tujuh rektor dan kampus NU yang dilantik adalah H Farid Wajdy sebagai rektor Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kalimantan Timur masa khidmat 2019-2024, Rahmat Saputra sebagai rektor UNU Kalimantan Barat masa khidmat 2020-2025, dan Rohadi Abdul Hadi sebagai rektor UNU Purwokerto 2019-2024. 

Kemudian, H Fathul Anam sebahai rektor UNU Sidoarjo 2020-2025, H Nusra sebagai rektor UNU Sumatera Barat masa khidmat 2019-2021, UNU Sulawesi Tenggara Nasruddin Suyuti 2019-2024, dan Hariadi sebagai rektor Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama (ITSNU) Pekalongan masa khidmat 2020-2024.

Pewarta: Abdul Rahman Ahdori
Editor: Fathoni Ahmad
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG