IMG-LOGO
Daerah

Banser Pakel Tulungagung Tutup Lubang Jalan yang Rusak karena Air Hujan

Rabu 26 Februari 2020 05:00 WIB
Banser Pakel Tulungagung Tutup Lubang Jalan yang Rusak karena Air Hujan
Anggota Banser Desa Pakel, Kecamatan Ngantru, Tulungagung menutupi lubang jalan, Selasa (25/2). (Foto: Yuzki Maksum)
Tulungagung, NU Online
Musim penghujan mengakibatkan banyak titik tergenang air. Genangan air berlebihan dalam waktu lama menyebabkan dampak kerusakan pada jalan aspal. Seperti di Desa Pakel, Kecamatan Ngantru, Tulungagung, Jawa Timur.
 
Kerusakan aspal jalan akibat air hujan terlihat dari banyaknya lubang yang muncul. Mengatasi persoalan ini, Banser Pakel, Kecamatan Ngantru menutupi beberapa titik lubang jalan dengan adukan semen dan pasir. Aksi ini dilakukan Selasa (25/2).
 
Aksi dilakukan dengan tujuan agar menjaga keselamatan pengendara di jalan wilayah mereka. Aksi ini tidak terlalu melibatkan banyak personal. Sebanyak enam anggota Banser terlihat terjun kerja bakti nenutup lubang-lubang sepanjang Jalan Raya Pakel. Aksi juga dilakukan dengan bermodal sekrop, pasir, dan semen dari dana yang mereka galang.
 
Nurrohman, Ketua Ansor Desa Pakel mengatakan bahwa lubang-lubang ini sering membuat pengendara motor jatuh. "Daripada nanti jatuh korban yang lebih parah, kami inisiatif untuk menutup lubang tersebut," ujarnya di sela-sela aksi.
 
Ia mengakui perbaikan jalan ada pihak yang bertanggungjawab dan berkewajiban. "Tapi kami berusaha untuk berbuat meski tak seberapa," tegasnya.
 
"Semoga dinas terkait segera merespons ini agar para pengendara bisa selamat dan nyaman saat melintas, karena jalan ini merupakan jalan penghubung antara Kabupaten Tulungagung dan Kabupaten Blitar," harap Nurrohman.
 
Kegiatan tersebut juga bagian dari program Banser-Care di mana Banser memang harus peduli terhadap kepentingan umum. Aksi peduli Banser di Tulungagung memang bukan kali ini saja.
 
Sebelumnya pada Ahad (23/2), ratusan anggota Banser Tulungagung melakukan kegiatan bersih-bersih di Sungai Jenes. Kegiatan bersih-bersih adalah hasil kerja sama dengan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan SDA Kabupaten Tulungagung yang dinamai dengan Program Kali Bersih (Prokasih).  
 
Akhsan Wafi Kasatkorcab Banser Tulungagung mengatakan bahwa kegiatan ini diikuti oleh tak kurang 500 anggota Banser se-Kabupaten Tulungagung. Di musim penghujan ini, lancarnya kali menjadi bagian penting dari antisipasi banjir. Ia menegaskan anggota Banser sangat senang bisa ikut andil dalam program ini.  
 
Kontributor: Yuzki Maksum
Editor: Kendi Setiawan
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG