Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Buka Dapur Umum Jilid 2, NU Pekalongan Peduli Salurkan Ribuan Nasi Bungkus

Buka Dapur Umum Jilid 2, NU Pekalongan Peduli Salurkan Ribuan Nasi Bungkus
Posko NU Pekalongan Peduli salurkan sembako dan nasi bungkus ke warga terdampak banjir (Foto: NU Online/Abdul Muiz)
Posko NU Pekalongan Peduli salurkan sembako dan nasi bungkus ke warga terdampak banjir (Foto: NU Online/Abdul Muiz)
Pekalongan, NU Online
Hingga hari ketiga sejak buka Posko NU Pekalongan Peduli di Gedung Aswaja Jalan Sriwijaya 2, Senin (24/2), dapur umum Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Kota Pekalongan telah menyalurkan makanan siap saji kepada warga terdampak banjir lebih dari 3.000 bungkus yang tersebar di puluhan titik.

Relawan NU Peduli, Faisol kepada NU Online Kamis (27/2) mengatakan, hingga Rabu malam NU Pekalongan Peduli telah menyalurkan sejumlah 3.750 nasi bungkus untuk warga di pengungsian maupun warga terdampak banjir yang tinggal di rumahnya masing-masing.  

"Selain makanan siap saji, Posko NU Pekalongan Peduli juga telah menyalurkan bantuan beras dan mie instan kepada dapur umum dibuat oleh warga, kelompok masyarakat, maupun relawan," ujarnya.

Dikatakan, Posko NU Peduli masih akan terus dibuka hingga Jumat (28/2), mengingat di beberapa lokasi banjir masih belum surut. Sedangkan mereka masih membutuhkan bantuan khususnya sembako.

"Posko NU Peduli akan buka sampai Jumat besok. Untuk dapur umumnya masih akan buka dan memasak sampai stok masakan habis," jelasnya.

Disampaikan, ada banyak donatur yang datang ke posko NU Peduli untuk menyerahkan bantuan berupa beras, mie instan, uang tunai maupun relawan untuk memudahkan operasional dapur umum.

Pihaknya juga masih memberikan kesempatan kepada masyarakat luas untuk memberikan bantuan berupa uang tunai dan sembako ke posko NU Pekalongan peduli yang bermasrkas di Gedung Aswaja, Jalan Sriwijaya 2 Kota Pekalongan.

"Kami masih membuka kesempatan kepada masyarakat yang ingin membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah banjir. Bantuan akan kami salurkan berupa barang dan makanan serta subsidi perbaikan rumah yang rusak akibat banjir," tuturnya.

"Alhamdulillah banyak yang membantu, mulai dari Wali Kota, Ketua DPRD, Habib Luthfi bin Yahya, Dinas Sosial hingga masyarakat umum baik dalam kota maupun luar kota," ungkapnya. 

Disampaikan, distribusi makanan siap saji diberikan kepada warga di pengungsian maupun yang tinggal di rumah-rumah yang terkena banjir secara bergantian dan diantar oleh relawan maupun diambil sendiri oleh warga.

"Meski tidak bisa merata, kami bersama tim relawan akan terus melakukan meringankan beban penderitaan warga yang pada pekan sebelumnya juga terkena banjir," jelasnya.

Pewarta: Abdul Muiz
Editor: Musthofa Asrori
 
BNI Mobile