Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Bakal Calon Ketum PB PMII dan Kopri Jalani Tes TOEFL

Bakal Calon Ketum PB PMII dan Kopri Jalani Tes TOEFL
Suasana uji kelayakan Calon Ketua Umum PB PMII dan Ketua Kopri di Lembaga Kursus Bahasa Inggris LIA di Gambir Jakarta Pusat, Rabu (26/2). (Foto: Dok. BPK XX PMII)
Suasana uji kelayakan Calon Ketua Umum PB PMII dan Ketua Kopri di Lembaga Kursus Bahasa Inggris LIA di Gambir Jakarta Pusat, Rabu (26/2). (Foto: Dok. BPK XX PMII)
Jakarta, NU Online
20 Calon Ketua Umum Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan Ketua Korps PMII Puteri (Kopri) PB PMII menjalani uji kelayakan melalui tes TOEFL di Lembaga Kursus Bahasa Inggris LIA di Pramuka, Jakarta Timur, Kamis (27/2).

Kegiatan dinilai penting untuk mengukur seberapa besar kemampuan bahasa asing para calon Ketua Umum PB PMII dan Kopri PB PMII. 

Juru Bicara Badan Pekerja Kongres (BPK)-XX PMII yang juga Ketua Steering Comite (SC), Mukhtar Ansori Attijani menuturkan, kegiatan tes kemampuan bahasa Inggris ini bekerja sama dengan Lembaga yang qualified di bidangnya.

Total ada 17 Bakal Calon Ketua Umum PB PMII dan 3 Bakal Calon Ketua Kopri PB PMII yang mengikuti tes TOEFL. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari beberapa tahapan yang dibuat oleh Badan Pekerja Kongres (BPK) yang wajib diikuti oleh seluruh bakal calon. Kegiatan semacam itu, kata Mukhtar, pertama kali digelar sejak PMII berdiri 1960 silam.  

Ia menambahkan, era modern seperti saat ini harus direspon positif oleh seluruh kader PMII dari Sabang sampai Merauke. Karena itu, seorang Ketua Umum PMII ke depan harus menguasai bahasa asing salah satunya bahasa Inggris. Dengan begitu, dia akan mampu bersaing dengan siapa pun di luar dari PMII. 

"Sekarang ini era digital, apapun menggunakan bahasa asing. Bahasa Inggris adalah bahasa internasional, makanya kami ingin seorang Ketua Umum PB PMII ke depan memiliki kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni," ucapnya. 

Hasil tes tersebut, sambung Mukhtar, akan dijadikan bahan penilaian BPK untuk kemudian menentukan siapa saja yang akan menjadi Calon Ketua Umum PB PMII, mengingat ke 20 pendaftar tadi statusnya baru Bakal Calon Ketua Umum.

Kemudian, tahapan selanjutnya, seluruh kandidat akan menjalani debat kandidat di 6 zona. Antara lain Zona Sumatera, Zona Kalimantan, Zona Sulawesi, Maluku, Papua dan Papua Barat, Zona Jateng, Jatim dan DIY serta Zona Banten, DKI Jakarta, dan Jabar.

"Seluruh kader PMII hadir untuk mendengarkan paparan visi dan misi seluruh kandidat," ucapnya. 

Mukhtar juga mengemukakan, sebelum tes uji kemampuan bahasa asing, 20 bakal calon tersebut telah menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto, Selasa (25/2) Para calon secara bergantian diperiksa oleh tim dokter di RSPAD. 

Dia berharap seluruh rangkaian Kongres XX PMII di Balikpapan bisa berjalan maksimal. Sehingga melahirkan gagasan yang strategis untuk perbaikan PMII serta menghasilkan sosok Ketua Umum PB PMII dan Kopri yang benar-benar sesuai dengan harapan kader PMII. 

Pewarta: Abdul Rahman Ahdori
Editor: Fathoni Ahmad
Posisi Bawah | Youtube NU Online