IMG-LOGO
Pemberdayaan

Gandeng NU, IBN Tegal Beri Pelatihan Pembuatan Mahar dan Hantaran Pernikahan


Jumat 28 Februari 2020 13:30 WIB
Bagikan:
Gandeng NU, IBN Tegal Beri Pelatihan Pembuatan Mahar dan Hantaran Pernikahan
Pelatihan Seni Merangkai Mahar dan Hantaran Pernikahan KKN IBN Tegal dan PRNU Bandasari (Foto: NU Online/Saiful Bahri)
Tegal, NU Online
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Slawi Kabupaten Tegal, Jawa Tengah memberikan pelatihan 'Merangkai Mahar dan Hantaran Pernikahan' bagi warga NU Desa Bandasari Kecamatan Dukuhturi. 
 
Kegiatan yang menggandeng Pengurus Ranting NU Bandasari diikuti oleh anak remaja dan ibu-ibu berlangsung selama dua minggu di masing-masing RT di desa setempat.
 
Ketua Panitia kegiatan Akhmad Subandi kepada NU Online, Jumat (28/2) mengatakan, kegiatan pelatihan adalah bagian dari komitmen IBN Slawi dalam memberikan sumbangsih nyata kepada masyarakat Bandasari khususnya warga NU yang merupakan mayoritas masyarakat Bandasari Kecamatan Dukuhturi.
 
"Ini program pelatihan yang dirasa sangat berguna bagi anak-anak muda khususnya bagi mereka yang memasuki usia pernikahan," ujarnya.
 
Selain itu, menurut kader Ansor yang menjabat ketua ranting Dukuhlo itu, kegiatan ini terbukti cukup berhasil dan berdampak positif bagi masyarakat. Hal ini terlihat dari antusiasme warga mengikuti pelatihan.
 
“Kami berkomitmen memberikan manfaat positif bagi masyarakat Bandasari secara umum, khususnya warga NU. Selain itu, kami juga mengapresiasi kepada warga NU dan pemerintah Desa Bandasari yang menyambut baik dan antusias dalam mengikuti program pelatihan yang kami adakan," terangnya
 
Dijelaskan Bandi sapaan akrabnya, jenis kesenian merangkai mahar dan hantaran dipilih mengingat prospeknya yang bagus dan mulai menggeliat di daerah Tegal dan sekitarnya. 
 
“Kami melihat geliat dan prospek bisnis seni merangkai mahar dan hantaran yang bagus, untuk itu kami berinisiasi mengadakan pelatihan yang didukung penuh oleh Pengurus NU Bandasari," ungkapnya
 
Ketua Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama Desa Bandasari Moh Sihabudin mengungkapkan, kegiatan pelatihan selaras dengan program ranting NU dalam bidang pemberdayaan warga NU. 
 
"Kami apresiasi kegiatan mahasiswa KKN IBN Slawi atas program ini dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat khususnya warga NU Bandasari," ungkapnya.
 
Dirinya sangat yakin hal ini akan menjadi langkah awal bagi masyarakat untuk mampu berinovasi dan mandiri dalam membangun usaha sampingan berbasis rumah dan dengan pelatihan ini, NU Bandasari memiliki patner dalam program pemberdayaan usaha mikro ataupun usaha rumahan..
 
Koordinator Desa (Kordes) KKN IBN Slawi Abdul Mukhyi menambahkan, NU sebagai organisasi yang mapan di Bandasari sangat membantu dan mendukung program yang dilaksanakan di semua RT di Bandasari. Hal ini sesuai dengan program yang direncanakan oleh tim ekonomi KKN IBN Slawi.
 
“Kegiatan pelatihan mendapat dukungan penuh dari Ranting NU Bandasari dan sesuai dengan program yang kami rencanakan bisa terlaksana merata menyasar 120 warga NU di 12 RT se Desa Bandasari," imbuhnya.
 
KKN Mahasiswa Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Slawi Kabupaten Tegal berlangsung sejak 20 Januari 2020 sampai dengan 28 Februari 2020 dan diikuti 180 Mahasiswa yang dibagi menjadi 10 orang setiap desa. 
 
Kontributor: Ahmad Saiful Bahri, Nurkhasan
Editor: Abdul Muiz 
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG