IMG-LOGO
Daerah

Jelang UN, Ribuan Pelajar Jombang Perkuat Mental Spiritual dengan Istighotsah


Jumat 28 Februari 2020 14:30 WIB
Bagikan:
Jelang UN, Ribuan Pelajar Jombang Perkuat Mental Spiritual dengan Istighotsah
Peserta khusyu mengikuti istighotsah di Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang. (Foto:NU Online/Mukani)
Jombang, NU Online
Agar lancar dalam menghadapi ujian akhir, siswa harus belajar dan berdoa. Termasuk minta ampun kepada kedua orang tua terlebih dahulu. Dan juga meminta maaf kepada sesama teman.
 
Hal ini ditegaskan Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab dalam doa bersama siswa kelas akhir Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Jombang, Jumat (28/2). Agenda yang diikuti oleh kurang lebih 7000-an siswa-siswi ini digelar di Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang.
 
Tampak hadir sebagai tamu undangan kepala dinas pendidikan, kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Pendidikan dan kepala Kemenag. Juga ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), ketua takmir dan para kepala SMA/MA/SMK.
 
Perempuan yang juga pengasuh Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas ini berharap agar peserta ujian nanti melaluinya dengan lancar dan sukses. "Dan juga ilmunya berkah dan bemanfaat," harapnya. 
 
Peserta juga didorong agar percaya diri dalam menghadapi ujian. Caranya dengan banyak latihan mengerjakan soal. "Bukan bergantung kepada orang lain, apalagi pergi ke dukun minta kembang," ujarnya. 
 
Kegiatan ini rutin digelar setiap tahun menjelang pelaksanaan ujian sekolah (US) dan ujian nasional (UN). Panitianya adalah kumpulan guru agama Islam Sekolah Menengah Atas Negri (SMAN) se-Jombang. Mereka tergabung dalam musyawarah guru pendidikan agama Islam (MGMP PAI). 
 
Rangkaian acara dimulai sejak pukul 07.30 WIB. Dibuka dengan agenda shalat dhuha dan shalat hajat. Imam yang memimpin shalat adalah KH Ahmad Hasan, ketua MUI Jombang. Kemudian dilanjutkan dengan membaca surat Yasin yang dipimpin oleh Ustadz Rijalul Fikri. "Beliau adalah imam rawatib di masjid agung Baitul Mukminin ini," kata sekretaris panitia, Arif Ridwan.
 
Pria bertubuh gemuk ini menambahkan bahwa acara istighotsah dan tahlil dipimpin KH Nur Slamet. Beliau guru agama Islam di SMAN Mojoagung. Sementara pembacaan shalawat, lanjutnya, dipimpin oleh grup sholawat dari Pesantren Babussalam  Desa Kalibening, Kecamatan Mojoagung, Jombang.
 
Melalui kegiatan ini, harapnya, peserta memiliki modal spiritual. Agar hati mereka menjadi tenang dalam menghadapi ujian akhir sekolah, pungkasnya. 
 
Kontributor: Mukani
Editor: Syamsul Arifin
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG