Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Rindu Tradisi NU, Rajaban Diselenggarakan di Masjid UPI Bandung

Rindu Tradisi NU, Rajaban Diselenggarakan di Masjid UPI Bandung
Salah satu kegiatan KMNU UPI Bandung di masjid setempat. (Foto: NU Online/istimewa)
Salah satu kegiatan KMNU UPI Bandung di masjid setempat. (Foto: NU Online/istimewa)
Bandung, NU Online
Meskipun tengah melanjutkan studi di kampus ternama di kota besar, sejumlah anak muda Nahdlatul Ulama tetap merindukan tradisi yang kerap dilakukan di pesantren dan kampung. Apalagi saat memasuki bulan Rajab seperti saat ini.
 
Hal tersebut sebagaimana dilakukan mahasiswa yang terhimpun dalam Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Jawa Barat.
 
Pada momentum kalender hijriyah tepatnya di bulan Rajab yang diyakini sebagai salah satu dari empat bulan mulia, mereka menyelenggarakan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Rajaban.
 
PHBI Rajaban ini diselenggarakan pada Kamis (27/2) selepas salat Isya di lantai utama Masjid Al-Furqan UPI. Dan sejumlah kalangan dari KMNU dan simpatisan kampus setempat turut hadir memeriahkan acara.
 
“Kegiatan dimulai dengan pembacaan tawassul, istighotsah dan maulid al-Barzanji yang dipimpin oleh Ustadz Aziz Abdul Basit dan Ustadz M Irfansyah Maulana,” kata Ilham Arif Pebriansyah, Jumat (28/2).
 
Disampaikan Ketua KMNU Regional III Bandung Raya tersebut bahwa Ustadz M Irfansyah Maulana merupakan Wakil Sekretaris Pimpinan Cabang Persatuan Guru Nahdlatul Ulama atau Pergunu Kota Bandung dan juga alumni Pondok Pesantren Cipasung, Singaparna, Tasikmalaya.

Sekretaris Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Bandung KH Wahyul Afif al-Ghafiqi yang turut hadir sebagai penceramah sangat gembira karena KMNU UPI ini organisasi keagamaan Islam NU yang menjadi garda terdepan dalam mendakwahkan amaliyah NU seperti Rajaban ini. 
 
“Terlebih, KMNU UPI walaupun sebagai organisasi ektra kampus tetapi dapat melaksanakan kegiatan di dalam kampus, khususnya di masjid kampus yang merupakan basis dakwah Islam di lingkungan akademik,” katanya.
 
Dalam ceramahnya disampaikan bahwa di bulan Rajab yang mulia ini, alangkah lebih baiknya jika para mahasiwa NU di kampus UPI memperbanyak shalawat dan membaca Surat Yasin. 
 
“Fadilah dari kedua amaliah tersebut sangat luar biasa bagi yang sering mendawamkan atau melanggengkannya,” terangnya. 
 
Sebagai penutup, KH Wahyul Afif al-Ghafiqi berharap KMNU UPI secara intensif dapat mengadakan kegiatan amaliah NU lainnya untuk menumbuhkan semangat Ahlussunnah wal Jama’ah atau Aswaja dan NU di lingkungan kampus.
 
Ilham Arif Pebriansyah menjelaskan bahwa PHBI Rajaban merupakan program kerja yang sering dilaksanakan oleh berbagai KMNU se-Indonesia. 
 
“Hingga saat ini, KMNU UPI merupakan KMNU pertama yang melaksanakan PHBI Rajaban khususnya di lingkungan Regional III Bandung Raya,” pungkasnya.
 
 
Kontributor: Fery Sandria
Editor: Ibnu Nawawi
Posisi Bawah | Youtube NU Online