Ansor Tegal Jalin Kemitraan dengan KPU untuk Kawal Demokrasi

Ansor Tegal Jalin Kemitraan dengan KPU untuk Kawal Demokrasi
Kunjungan Ansor Kabupaten Tegal ke KPU (Foto: NU Online/Nurkhasan)
Kunjungan Ansor Kabupaten Tegal ke KPU (Foto: NU Online/Nurkhasan)
Tegal, NU Online
Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Tegal, Jawa Tengah Nurfanani mengatakan, GP Ansor siap untuk bersinergi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai pejuang demokrasi.
 
"Dukungan moral dari KPU bagi kami sangat penting. Saya atas nama Pimpinan Cabang GP Ansor mohon maaf bilamana kedatangan kami merepotkan," ujarnya.
 
Hal itu dikatakan Fanani saat silaturahim PC GP Ansor Kabupaten Tegal dengan Komisioner KPU Kabupaten Tegal di Kantor KPU setempat, Jumat (28/2).
 
Dijelaskan, sudah banyak kader-kader Ansor baik tingkat kecamatan dan desa yang sudah pernah menjadi bagian dari pilar-pilar demokrasi pada pemilu sebelumnya.
 
Ketua KPU Kabupaten Tegal Nurohman didampingi jajaran Komisioner dan Sekretaris KPU menyambut baik kedatangan jajaran Pengurus Ansor Kabupaten Tegal.  
 
"Kami ucapkan selamat dan sukses pengurus Cabang GP Ansor. Semoga sukses dan amanah sebagai pilar-pilar penjaga NKRI. Semoga nanti bisa bersinergi dengan KPU," ujarnya.
 
Anggota Komisioner KPU Fasihin mengungkapkan, PC GP Ansor tetap menjadi salah satu mitra strategis KPU Kabupaten Tegal dalam rangka pendidikan politik bagi warga Kabupaten Tegal secara umum.
 
Menurutnya, kemitraan ini dilakukan dengan cara antara lain mengikutsertakan kader terbaiknya sebagai calon Penyelenggara Pemilu baik tingkat KPU, PPK, PPS maupun KPPS yang nantinya bila lulus seleksi akan menjadi penyelenggara Pemilu yang akan mengawal proses pesta demokrasi agar sesuai jalurnya. 
 
"Sudah terbukti banyak kader-kader organisasi yang baik dan mampu menjalankan fungsi penyelenggara pemilu dengan baik," ungkapnya.
 
Selain itu lanjutnya, Ansor juga bisa ikut serta melakukan pendidikan politik bagi kader/warganya dengan mengadakan pelatihan/pendidikan politik, kelas pemilu, dan sebagainya. 
 
"Kami KPU Kabupaten Tegal siap ikut serta dengan menjadi narasumbernya," imbuhnya
.
Ketua Majelis Dzikir dan Shalawat (MDS) Rijalul Ansor Kabupaten Tegal Idris Salis selaku panitia pelantikan menuturkan, kunjungan kepada Komisioner KPU bertujuan untuk menjalin hubungan emosional (moral) selanjutnya adalah hubungan pemikiran. 
 
"Kunjungan ini sekaligus untuk mengundang komisioner KPU pada pelantikan PC GP Ansor Kabupaten Tegal pada 8-9 Maret 2020 mendatang. Insyaallah akan dihibur  pagelaran wayang kebangsaan dari Ki Sengkek," terangnya.
 
Rangkaian kunjungan silaturahim Ansor Kabupaten Tegal dalam rangka pelantikan diterima langsung Ketua KPU Kabupaten Tegal Nurohman dan Komisioner KPU lengkap yakni M Fasihin, Himawan Tri P, Adi Purwanto, Ika Andreias, dan Sekretaris KPU Sujadi. 
 
Kontributor: Nurkhasan
Editor: Abdul Muiz
BNI Mobile