Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Sejumlah Dai Jombang Siap Isi Dakwah Moderat di Bulan Ramadhan

Sejumlah Dai Jombang Siap Isi Dakwah Moderat di Bulan Ramadhan
Sejumlah dai LDNU Jombang konsolidasi untuk mengisi bulan Ramadhan. (Foto: Istimewa)
Sejumlah dai LDNU Jombang konsolidasi untuk mengisi bulan Ramadhan. (Foto: Istimewa)
Jombang, NU Online
Sejumlah dai yang berada di bawah naungan Pengurus Cabang (PC) Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Jombang, Jawa Timur mulai melakukan konsolidasi mempersiapkan kegiatan-kegiatan Ramadhan. Meski terbilang masih lama, namun mereka tak mau melewatkan bulan suci itu dengan sia-sia.

Ketua PC LDNU Jombang, Aang Fatihul Islam mengungkapkan, LDNU konsisten mengisi kegiatan-kegiatan bermanfaat di bulan Ramadhan dengan memaksimalkan peran dai yang dimiliki.
 
Para dai tersebut sudah dipastikan mengisi ruang-ruang strategis dengan dakwah Islam rahmatan lil alamin (Islam moderat). Baik di radio, streaming di beberapa media sosial, maupun secara tatap muka langsung.

"Kepastian ini merupakan hasil rapat melalui Forum Komunikasi (Forkom) Dai NU se-Jombang," katanya kepada NU Online, Ahad (1/3).

Keberadaan dai di bulan Ramadhan cukup vital. Banyak orang haus akan siraman rohani saat itu, di samping meningkatkan ibadah dan ketakwaan memang dianjurkan dalam agama Islam. Untuk itu, LDNU harus bisa menjembatani para dai agar peran-perannya lebih maksimal.

LDNU Jombang, imbuhnya, sejak dua Ramadhan silam sudah mulai memperluas ladang dakwahnya dengan memanfaatkan teknologi informasi, seperti radio dan medsos. Adapun radio yang dijadikan mitra untuk menyebarkan dakwahnya di antaranya Radio Suara Warga, Suara Tebuireng, dan Suara Jombang. 

"Kalau media sosialnya milik LDNU Jombang sendiri, NU Jombang Online, dan Kyaiku.com," jelas salah seorang dosen di Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) Jombang ini.

Pada tahun ini, lanjut dia, media-media itu akan kembali digandeng mengingat jumlah pengikutnya kian meningkat. NU Jombang Online sendiri adalah media resmi yang dimiliki oleh Pengurus Cabang (PC) Lembaga Ta'lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama (LTNNU) Jombang. Sedangkan Kyaiku.com merupakan medsos yang dikembangkan warga NU yang aktif di Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jombang.

"Kita akan komunikasi lebih intens lagi ke pengelola media mengingat waktu semakin dekat, namun yang pasti dakwah kita harus masif, baik di offline maupun online," ungkapnya.

Diakuinya, dai yang dimiliki LDNU cukup banyak dan tentu mumpuni di bidang-bidang tertentu sesuai kapasitasnya. Tidak hanya dai dari kalangan dewasa dan kalangan tua, namun dai kalangan remaja juga tak kalah banyak.  "Kesepakatan lain, mereka para dai bersedia sewaktu-waktu berceramah melalui streaming di luar jadwal yang sudah ditentukan," tuturnya.

Yang menarik, sejumlah dai LDNU tak semata berdakwah. Namun, mereka juga mendukung terwujudnya kemandirian jamiyah. Jika mendapat bisyaroh saat berdakwah, mereka komitmen sekian persen dimasukkan kas organisasi.

Pewarta: Syamsul Arifin
Editor:  Musthofa Asrori
BNI Mobile