Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Kenalkan Pagar Nusa dengan Lomba Mewarnai dan Menggambar

Kenalkan Pagar Nusa dengan Lomba Mewarnai dan Menggambar
Pagar Nusa Festival 2020 di Kota Kediri diisi dengan lomba menggambar dan mewarnai. (Foto: NU Online/Ahmad Ubaidillah)
Pagar Nusa Festival 2020 di Kota Kediri diisi dengan lomba menggambar dan mewarnai. (Foto: NU Online/Ahmad Ubaidillah)
Kediri, NU Online
Sejumlah anak dari taman kanak-kanak dan sekolah dasar memadati gedung Sport Center IAIN Kediri Jawa Timur. Mereka mengikuti lomba mewarnai dan  menggambar yang diselenggrakan dalam rangka menyambut hari lahir Pagar Nusa di kampus setempat, Ahad (1/3).
 
Waqidul Umam, mengatakan acara ini terselenggara atas kerja sama Dinas Pendidikan dan Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Kota Kediri dalam rangka Pagar Nusa Festival 2020. Dengan demikian berbagai kalangan turut mendukung kegiatan tersebut.
 
Selama kegiatan berlangsung, peserta demikian antusias. Hal tersebut dibuktikan saat kegiatan belum dimulai, ada beberapa anak yang sudah lebih dahulu untuk mewarnai. Pada saat yang sama, para orangtua yang mendampingi menemani dalam lomba tersebut dengan catatan hanya mengarahkan saja, bukan membantu mewarnai.
 
“Peserta diberi waktu selama dua jam untuk mewarnai dan menggambar. Kriteria yang dinilai dalam lomba tersebut adalah dari segi keindahan, kesesuaian warna, kesesuaian tema dan juga kerapihan,” kata Waqidul Umam.
 
Tampak berbagai macam ekspresi ditunjukan peserta. Beberapa ada yang serius dan fokus, namun ada juga yang sambil melakukan kegiatan lain. 
 
“Setelah satu jam berlalu, mereka mengumpulkan hasil kepada tim Pagar Nusa untuk dinilai oleh para juri. Sambil menunggu pengumuman pemenang Pagar Nusa membagikan beberapa voucher kepada peserta,” ungkapnya.
 
Menurut Umam, tujuan dari kegiatan ini untuk mengenalkan pencak silat dan berbagai atributnya kepada sejumlah kalangan, termasuk mereka yang usianya masih dini.
 
“Hal tersebut agar menumbuhkan cinta serta mengasah kreativitas anak,” ungkapnya.
 
Hal yang sama dituturkan Anwariyah selaku pembina Pagar Nusa.
 
“Kami dari UKK Pagar Nusa IAIN Kediri mengabdikan diri untuk mendukung kegiatan ini. Karena dengan acara seperti ini akan mengenalkan keberadaan Pagar Nusa kepada dunia pendidikan dengan langkah awal mengenalkan atribut agar menumbuhkan kecintaan kepada budaya bangsa,” tuturnya.

Acara dihadiri puluhan PAUD, TK dan SD/MI yang ada di Kota Kediri. Peserta mendapatkan sertifikat, voucher game, id card, kertas gambar, dan stiker.
 
 
Kontributor: Ahmad Ubaidillah
Editor: Ibnu Nawawi

 
BNI Mobile