Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

NU Aceh Ajak Masyarakat Perbanyak Amalan Ini untuk Cegah Musibah

NU Aceh Ajak Masyarakat Perbanyak Amalan Ini untuk Cegah Musibah
Ketua PWNU Aceh, Tgk H Faisal Ali mengajak perbanyak membaca qunut nazilah dan shalawat thibbil qulub. (Foto: NU Online/Helmi)
Ketua PWNU Aceh, Tgk H Faisal Ali mengajak perbanyak membaca qunut nazilah dan shalawat thibbil qulub. (Foto: NU Online/Helmi)
Banda Aceh, NU Online
Virus Corona sudah merambah ke Indonesia setelah dua warga asal Depok, Jawa Barat positif terjangkit virus mematikan itu. Belum lagi aneka musibah yang terus melanda negeri ini dari mulai banjiir, tanah longsor dan sejenisnya .  
 
Sejumlah ikhtiar hendaknya dilakukan baik lahir maupun batin agar selamat dari berbagai musibah yang ada. Salah satunya seperti yang dianjurkan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Aceh yang mengajak masyarakat memperbanyak membaca qunut nazilah di setiap shalat.
 
Hal itu disampaikan Ketua PWNU Aceh, Tgk H Faisal Ali dalam keterangan persnya kepada NU Online, Selasa (3/3). 
 
"Saya mengajak masyarakat, pengurus masjid dan mushala di seluruh Aceh untuk selalu baca Qunut Nazilah di setiap shalat lima waktu agar kita dihindarkan dari segala marabahaya," katanya.
 
Qunut Nazilah merupakan doa yang dibacakan untuk memohon pertolongan kepada Allah agar dijauhkan dari segala musibah atau wabah yang sedang terjadi. 
 
“Musibah virus Corona muncul sebagai bentuk teguran Allah. Selanjutnya, keadaan ini hendaknya masyarakat untuk terus menjalankan ajaran agama, terutama menjaga shalat,” kata Tgk Faisal Ali.
 
Pimpinan Dayah Mahyal Ulum Al-Aziziyah, Sibreh, Aceh Besar ini mengajak masyarakat bertobat dan meminta ampunan kepada Allah dan memohon agar wabah virus yang muncul dari Wuhan, Cina itu bisa segera hilang.
 
Selain itu, Abu Sibreh, panggilan Tgk Faisal juga berharap qunut nazilah dibacakan secara terus menerus hingga virus Corona hilang. 
 
"Membaca qunut nazilah dan doa itu untuk terus menerus sampai dengan wabah Corola itu dinyatakan berhenti jangan 1 kali atau 2 kali," ajaknya
 
Berkaitan dengan bencana tersebut, sebagaimana instruksi Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) beberapa waktu lalu, PWNU Aceh juga mengajak kepada seluruh pengurus cabang, lembaga, banom dan dayah di semua tingkatan agar membacaan shalawat thibbil qulub.
 
“PWNU Aceh berharap wabah virus Corona segera teratasi terkhsus untuk bangsa Indonesia, mudah-mudahan tidak terdampak dari wabah yang mengancam nyawa manusia tersebut,” ungkapnya.    
 
Secara khusus, Wakil Ketua MPU Aceh ini meminta pula kepada masyarakat Aceh membaca shalawat thibbil qulub untuk keselamatan semua pihak dari segala penyakit dan wabah termasuk wabah Corona.
 
Seperti diketahui, sejak akhir Desember 2019 lalu, masyarakat dunia dihebohkan dengan kemunculan virus Corona. Salah satu gejala virus tersebut adalah radang tenggorokan dan sesak nafas. Ribuan korban sudah melayang akibat merebaknya virus mematikan itu di berbagai belahan dunia.
 
 
Kontributor: Helmi Abu Bakar
Editor: Ibnu Nawawi
 
BNI Mobile