IMG-LOGO
Nasional

Soal Corona, Presiden Minta Masyarakat Tenang dan Beraktivitas Seperti Biasa


Rabu 4 Maret 2020 18:45 WIB
Bagikan:
Soal Corona, Presiden Minta Masyarakat Tenang dan Beraktivitas Seperti Biasa
Presiden Jokowi. (Foto: Instagram @jokowi)
Jakarta, NU Online
Adanya WNI yang positif terkena virus corona membuat masyarakat Indonesia panik. Mereka langsung berburu masker sebagai upaya pencegahan sederhana yang mereka pahami. Harganya pun langsung meroket, berkali-kali lipat dari harga normal. 

Melihat fakta demikian, Presiden Joko Widodo mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar tetap tenang dan menjaga aktivitas sebagaimana biasanya.

“Saya juga berharap masyarakat tetap waspada, tetap tenang, beraktivitas seperti biasa,” katanya pada Selasa (3/3) saat memberikan keterangan pers kepada awak media.

Presiden Jokowi juga mengingatkan masyarakat agar tidak panik menghadapi wabah ini, terlebih sampai memborong berbagai kebutuhan sehari-hari.
 
“Gak perlu memborong kebutuhan sehari-hari yang justru membuat langka. Pemerintah menjamin ketersediaan bahan pokok dan obat-obatan,” katanya.

Di samping itu, ia menyampaikan bahwa mayoritas pasien yang positif terinfeksi virus tersebut berhasil sembuh total, baik di China, Jepang, Iran, maupun Italia. Menurutnya, hampir semuanya pasien dapat pulih kembali.

“Jadi, kita tidak perlu terlalu ketakutan masalah ini, tetapi tetap harus hati-hati dan waspada dalam beraktivitas,” ujarnya.

Soal masker, Jokowi mengatakan bahwa stoknya di Indonesia masih aman. Menurut informasi yang ia terima, stok masker dalam negeri berjumlah 50 juta. Meskipun demikian, ia mengakui bahwa masker tertentu memang menjadi barang yang langka.

“Saya juga sudah memerintahkan Kapolri bertindak tegas dengan menimbun masker dan menjualnya kembali dengan harga tinggi,” kata Gubernur DKI Jakarta 2012-2014 itu.

Ia menegaskan kepada masyarakat bahwa harus ada keyakinan bersama bahwa wabah ini bisa diatasi dengan baik. “Kita harus meyakini bahwa ini bisa ditangani,” ujarnya.
 
“Di sinilah, solidaritas sosial kita diuji. Mari kita bersama mengatasi dengan bekerja keras dan tetap tenang,” imbuhnya.

Jokowi mengingatkan agar meningkatkan intensitas cuci tangan sebagai upaya pencegahan tertular virus corona. “Kita dapat mencegah penularan virus corona ini dengan sering cuci tangan. Jangan sering menyentuh wajah,” katanya.

Namun, hal terbaik dalam rangka mencegah hal tersebut, menurutnya, adalah menjaga kebersihan dan menjaga kebugaran kita sehingga imunitas kita lebih baik.

Pewarta: Syakir NF
Editor: Fathoni Ahmad
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG