Luncurkan LBH, Ansor Brebes Bertekad Beri Pendampingan Hukum

Luncurkan LBH, Ansor Brebes Bertekad Beri Pendampingan Hukum
Suasana tasyakuran sekaligus peluncuran LBH PC GP Ansor Brebes. (Foto: NU Online/Wasdiun)
Suasana tasyakuran sekaligus peluncuran LBH PC GP Ansor Brebes. (Foto: NU Online/Wasdiun)
Brebes, NU Online
Banyak persoalan hukum yang menimpa jamaah dan jamiyah Nahdlatul Ulama. Pada saat yang sama, tidak banyak yang memiliki kemampuan dan keahlian terkait permasalahan tersebut.
 
Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Brebes, Jawa Tengah sebagai organisasi kepemudaan selalu hadir di tengah masyarakat. Karenanya mereka melakukan peluncuran atas keberadaan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) yang berada di jalan Tritura Limbangan Kulon Brebes, Rabu (4/4) malam.
 
LBH GP Ansor yang merupakan lembaga semi otonom bertujuan untuk memberikan advokasi dan pendidikan hukum. Hal tersebut akan diberikan kepada seluruh kader Ansor dan Banser serta masyarakat, khususnya Nahdliyin atau warga NU.
 
"Launching LBH sebagai pertanda pelayanan konsultasi dibuka untuk umum. Mohon doa restu semoga kantor LBH Ansor ini bisa bermanfaat untuk khalayak, khususnya Nahdliyin di Brebes," papar Ketua LBH Ansor Brebes, Taufiq Hidayatullah.
 
Selanjutnya, kata Taufiq, dalam waktu dekat LBH Ansor Brebes akan menyelenggarakan kegiatan paralegal untuk kader Ansor maupun Banser di kawasan setempat. Hal itu sebagai keterpanggilan bahwa anggota dan warga kebanyakan hendaknya memiliki pemahaman dan kesadaran hukum seperti yang diharapkan.  
 
Kepala Kelurahan Limbangan Wetan Edi Purwanto berharap LBH Ansor Brebes menjadi tempat rujukan bagi masyarakat untuk sadar hukum dan bisa mendobrak bahwa hukum adalah panglima.
 
"Siapapun yang berbuat melawan hukum akan diganjar sesuai dengan yang diperbuat," tegasnya.
 
Ketua Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Kabupaten Brebes, Ahmad Munsip yang hadir bersama Kasatkorcab Banser Subekhan, Pengurus Majelis Dzikir dan Shalawat (MDS) Rijalul Ansor dan beberapa pimpinan cabang menyampaikan apresiasinya atas tasyakuran dan launching LBH Ansor Brebes.  
 
“Kami kembali mengingatkan akan tugas serta tanggungjawab LBH Ansor agar bisa turut memberikan pendidikan hukum kepada kader Ansor Banser dan masyarakat secara umum sehingga persoalan hukum yang menimpa akan bisa diminimalisir,” katanya.
 
Lebih lanjut Munsip berpesan kepada pengurus LBH Ansor Brebes bahwa agenda terdekat adalah segera melaksanakan kegiatan paralegal sebagaimana yang sudah direncanakan dan diprogramkan.
 
 
Kontributor: Wasdiun
Editor: Ibnu Nawawi
BNI Mobile