Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Bantu Lansia, LAZISNU Kalitengah Luncurkan Program Gelasmasjo

Bantu Lansia, LAZISNU Kalitengah Luncurkan Program Gelasmasjo
Para pengurus NU Care-LAZISNU Desa Kalitengah berfoto bersama seusai peluncuran program layanan khusus kepada Lansia, Rabu (5/3) kemarin. (Foto: NU Care-LAZISNU Kalitenga)
Para pengurus NU Care-LAZISNU Desa Kalitengah berfoto bersama seusai peluncuran program layanan khusus kepada Lansia, Rabu (5/3) kemarin. (Foto: NU Care-LAZISNU Kalitenga)
Blitar, NU Online
Pengurus NU Care-LAZISNU Desa Kalitengah, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Jawa Timur meluncurkan program pelayanan kesehatan khusus masyarakat lanjut usia (lansia), Rabu (5/3). Program itu diberi nama Gerakan LAZISNU Lansia Sehat bersama Masyarakat Panggungrejo (Gelas Masjo). 

Ketua NU Care-LAZISNU Kalitengah, Mu’in, mengatakan, setelah program pemberian sembako rutin untuk masyarakat diluncurkan beberapa waktu yang lalu, kali ini, LAZISNU Kalitengah bekerja sama dengan Puskesmas Panggungrejo membuat program baru dan hanya fokus pada pemberian layanan kesehatan pada lansia atau mereka yang berusia 60 tahun ke atas.

Ia menambahkan, pelayanan kesehatan tersebut berupa cek kesehatan gratis dan pengobatan gratis dari satu dusun ke dusun lainnya setiap satu bulan sekali. Layanan kesehatan, lanjutnya, dilakuan dengan door to door ke rumah lansia. 

“Biasanya layanan ini diberikan dalam bentuk home care yaitu kunjungan tenaga medis ke rumah lansia untuk memberikan layanan kesehatan. Biasanya kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan penyaluran sembako sembako kepada dhuafa,” kata Mu’in seperti rilis yang diterima NU Online, Kamis (6/3) sore. 

Kemudian, Kepala Desa Kalitengah Sugeng menyambut baik kehadiran program baru itu. Menrut dia, kehadiran LAZISNU di Kalitengah sangat membantu masyarakat terutama yang tidak mampu. 

“Program baru ini luar biasa, semoga nanti bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Mobil dinas nanti juga bisa digunakan untuk menjemput lansia terutama lansia yang tidak punya kerabat untuk mengantar ke lokasi kegiatan,” ucapnya. 

Sementara itu, Ketua NU Care LAZISNU Kabupaten Blitar, Yusuf Affandi mengungkapkan, program pelayann kepada lansia nantinya akan menjadi program di PC LAZISNU Kabupaten Blitar. Dia-pun mendorong agar program serupa lahir di Ranting LAZISNU lain. 

“Nanti akan kita serentakan dan akan kami bawa ke PC LAZISNU. Agar Ranting lain mencontoh,” tutupnya. 

Kontributor: Abdul Rahman Ahdori
Editor: Abdullah Alawi 
 
BNI Mobile