Luncurkan KawalCOVID19.id, Komunitas KawalPemilu Urai Informasi Corona

Luncurkan KawalCOVID19.id, Komunitas KawalPemilu Urai Informasi Corona
Tangkapan layar situsweb KawalCOVID19.id
Tangkapan layar situsweb KawalCOVID19.id
Jakarta, NU Online
Derasnya informasi mengenai virus corona (Covid-19) menimbulkan kesimpangsiuran yang terjadi di tengah masyarakat Indonesia. Terlebih setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan adanya dua WNI yang positif tertular virus tersebut pada Senin (2/3) lalu, masyarakat semakin panik.

Komunitas KawalPemilu meluncurkan situsweb KawalCOVID19.id pada Ahad (1/3). Hal itu guna menjadi sumber informasi tepercaya seputar Covid-19 di Indonesia. “Inisiatif ini diluncurkan karena keprihatinan akan kesimpangsiuran informasi yang beredar di Indonesia mengenai COVID-19,” tulis rilis yang diterima oleh NU Online.

Tim relawan website kawalcovid19.id beserta akun-akun media sosialnya @KawalCOVID19 di Facebook dan Twitter akan memperbaharuinya secara berkala dengan fokus pada tiga konten.
 
Pertama, berisi informasi dengan kurasi dan analisis atas informasi yang beredar (news explainer/newsplainer). Dalam penyajian informasi ini juga, tim mengedepankan hanya poin-poin yang berdasarkan bukti dan fakta, bukan hipotesis, opini, atau dugaan.

Kedua, website ini dihadirkan sebagai bentuk verifikasi guna membantah kabar burung, mengklarifikasi informasi yang simpang siur, dan memberikan penjelasan yang lugas. Untuk fungsi verifikasi, KawalCOVID19.id bekerja sama dengan Masyarakat Anti Fitnah dan Hoax Indonesia (Mafindo).

Ketiga, kehadiran website ini guna memberikan edukasi. Artinya, melalui konten-konten yang disajikan, tim menyampaikan ke publik hal-hal yang perlu dan bisa dilakukan, hal-hal yang perlu dihindari, serta tips-tips kesehatan lain yang mudah diaplikasikan oleh setiap orang dan kelompok masyarakat, seperti di sekolah, tempat kerja, rumah makan dan tempat-tempat umum.

Adapun tim relawan KawalCOVID19.id terdiri dari warga Indonesia pro data yang sebagian berlatar belakang medis, edukasi, sains, riset, teknologi dan komunikasi massa. Tim relawan membagi dirinya dalam tiga tim.

Pertama, tim teknologi yang menyiapkan infrastruktur teknologi. Tim ini dipimpin oleh Zain Fathoni  dan didukung dengan artificial intelligence oleh Kata.ai.

Kedua, tim data yang memonitor perkembangan isu, baik di Indonesia maupun luar negeri. Tim ini juga bertugas untuk mengumpulkan informasi yang beredar, mengecek akurasinya serta menganalisisnya.

Ketiga, tim konten yang membuat tulisan beserta visualnya untuk dipublikasikan.

Sebagian relawan KawalCOVID19.id adalah warga negara Indonesia yang tinggal di luar negeri dan sudah lebih dulu mengalami hidup di komunitas yang positif COVID-19. 

Pewarta: Syakir NF
Editor: Abdullah Alawi
 
BNI Mobile