Hadapi UNBK, Pelajar di Mojokerto Gelar Istighotsah dan Doa Bersama

Hadapi UNBK, Pelajar di Mojokerto Gelar Istighotsah dan Doa Bersama
Istighotsah di kantor PCNU Kabupaten Mojokerto diikuti ribuan pelajar yang akan menghadapi UNBK. (Foto: NU Online/Syaiful Alfuat)
Istighotsah di kantor PCNU Kabupaten Mojokerto diikuti ribuan pelajar yang akan menghadapi UNBK. (Foto: NU Online/Syaiful Alfuat)
Mojokerto, NU Online
Sebentar lagi pelajar di tingkat MTs atau SMP dan MA maupun  SMA dan SMK akan menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Karenanya Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Mojokerto Jawa Timur mengadakan istighotsah dan doa bersama di gedung wisma NU, Kamis (5/3). 
 
Kegiatan ini adalah sinergi antara PC IPNU-IPPNU dan Pengurus Cabang Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU setempat dan diikuti ribuan siswa siswi. Termasuk juga bergabung beberapa sekolah negeri di sekitar kawasan setempat.
 
Ada tiga agenda penting dalam kegiatan istighotsah ini yakni sosialisasi dengan tujuan agar pelajar bisa bergabung di IPNU-IPPNU. Kedua yakni istighotsah dengan tujuan semoga semua hajat pelajar dapat terkabul terutama hajat lulus UNBK dengan nilai yg biak.
 
Sedangkan ketiga mauidlah hasana oleh Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) dengan tujuan memberi pengarahan sekaligus motivasi agar para siswa lebih memiliki kesiapan dalam menghadapi UNBK.
 
KH AbdAdzim Alwi selaku Ketua PCNU Kabupaten Mojokerto dalam mauidlahnya berkata bahwa kegiatan semacam ini sangat bagus.
 
“Selain mengajari siswa dan siswi untuk mempersiapkan diri menghadapi UNBK secara batiniah, juga sebagai sarana melestarikan amaliah NU yakni istighotsah dan asmaan bersama," katanya.
 
Begitupun dengan KHNur Rohmat yang memimpin jalannya istighotsah berpesan agar peserta khidmat. 
 
“Niatkan kegiatan ini dengan niat penuh keikhlasan agar apa yang kita mohon dapat terkabulkan,” katanya. 
 
Dalam pandangannya, doa yang dilakukan oleh 40 orang, niscaya malaikatpun ikut mengamini. Dan jika yang hadir saat ini ribuan siswa, maka bayangkan berapa malaikat yg akan mengamini. 
 
H Masrukan selaku Ketua PC LPMa’arif NU Kabupaten Mojokerto sangat senang dan terharu. Dan dirinya berharap  para peserta dapat lulus dengan ilmu yang manfaat.
 
“Karena sebaik apapun nilai kita pada saat ujian, jika ilmu tidak manfaat maka tidak berarti apa-apa,” ungkapnya.
 
Nur Afni Aulia juga Mujibatur Rohman selaku Ketua PC IPNU-IPPNU Kabupaten Mojokerto mengucapkan terima kasih atas seluruh pihak yang mau membantu kegiatan.
 
“Semoga kegiatan ini dapat terus berlanjut di tahun-tahun yang akan datang,” harapnya.
 
Acara juga sebagai mata rangkai dari peringatan hari lahir ke-97 tahun Nahdlatul Ulama. 
 
 
Kontributor: Syaiful Alfuat
Editor: Ibnu Nawawi
 
BNI Mobile