Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Nahdliyin Sumbang Sapi dan Bumbu Masak untuk Munas NU

Nahdliyin Sumbang Sapi dan Bumbu Masak untuk Munas NU
Di Pesantren Al-Anwar Karangmangu, Sarang, Rembang ini Munas-Konbes NU akan digelar. (Foto: Dok. NU Online)
Di Pesantren Al-Anwar Karangmangu, Sarang, Rembang ini Munas-Konbes NU akan digelar. (Foto: Dok. NU Online)
Jakarta, NU Online
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar (Konbes) di Pesantren Al-Anwar Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Selasa-Rabu, 18-19, Maret 2020 mendatang.
 
Sekretaris Panitia Munas-Konbes NU 2020 HM Imdadun Rahmat mengatakan hal tersebut kepada NU Online, Kamis (5/3) malam. “Berdasarkan pengakuan panitia, warga NU rela menyumbangkan harta benda demi suksesnya acara tersebut. Bahkan di antara mereka ada yang menyumbang bumbu masak hingga sapi,” tuturnya.

Berbagai persiapan, lanjut dia, telah dilaksanakan panitia pusat dan panitia lokal. Tidak ada kendala berarti. Pertemuan kiai NU se-Nusantara itu pun siap dilangsungkan.

Baca juga: Munas Alim Ulama dan Konbes NU 2020 Siap Digelar

Menurutnya, penyebab tidak adanya kendala yang menghambat panitia karena gotong-royong warga Nahdliyin dari berbagai daerah terutama di Jawa Tengah. Ia menyampaikan penghargaan dan apresiasi luar biasa kepada mereka yang punya semangat hidmah kepada NU dalam macam-macam bentuk.

“Ada yang mengumpulkan koin, nyumbang beras, sayuran, ayam, ikan, sapi. Ada juga yang nyumbang bumbu masak, bambu buat bikin bendera dan seterusnya,” sambung Imdad, sapaan akrabnya.

Dia mengucapkan terima kasih yang tak terhingga bagi warga NU yang telah berpartisipasi menyumbangkan harta bendanya. Bagi dia, Munas-Konbes adalah acara warga NU sehingga harus disukseskan bersama-sama, baik oleh panitia maupun warga NU sendiri. 

Baca juga: Sambut Munas NU, Seribu Kiai dan Santri Bakal Main Rebana Bersama

“Ini semua menunjukkan tingginya partisipasi warga NU. Tentu, dengan harapan Munas berjalan lancar dan bisa menghasilkan rumusan yang bermanfaat bagi warga NU dan bangsa ini,” harap Imdad. 

Ia memastikan kualitas Munas Alim Ulama dan kesakralan Konbes NU tahun ini tidak jauh berbeda dengan Munas-munas sebelumnya yang menghasilkan gagasan segar terkait sikap PBNU dan ragam keputusan menghukumi perkara tertentu persfektif Islam.

Pelaksanaan kegiatan tersebut akan berlangsung di empat pesantren Al-Anwar, yakni Al-Anwar pusat, Al-Anwar II, III, dan IV yang berada di kabupaten yang sama. 
 
Pewarta: Abdul Rahman Ahdori
Editor: Musthofa Asrori
 
BNI Mobile