Bagikan ‘Menjerat Gus Dur’, GP Ansor Berharap Bawaslu Pamekasan Tegas dan Berani

Bagikan ‘Menjerat Gus Dur’, GP Ansor Berharap Bawaslu Pamekasan Tegas dan Berani
Wakil Sekretaris PC GP Ansor, Abdullah (dua dari kiri) menyerahkan buku Menjerat Gus Dur ke Bawaslu Pamekasan.
Wakil Sekretaris PC GP Ansor, Abdullah (dua dari kiri) menyerahkan buku Menjerat Gus Dur ke Bawaslu Pamekasan.

Pamekasan, NU Online

Wakil Sekretaris GP Ansor Kabupaten Pamekasan, Abdullah berkunjung ke kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pamekasan, Jalan Segara Nomor 66, Jungcangcang, Kecamatan/Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Jumat (6/3).

 

Abdullah menyerahkan buku Menjerat Gus Dur, disambut langsung oleh Ketua Bawaslu Pamekasan, Hanafi, beserta jajaran anggotanya.

 

"Penyerahan ini merupakan mandat langsung dari Ketua GP Ansor Pamekasan (Syafiuddin, red) yang sedang bertugas ke luar kota sebagai Wakil Ketua DPRD Pamekasan," tegas Abdullah.

 

Buku Menjerat Gus Dur, kata Abdullah, diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi Bawaslu Pamekasan untuk lebih serius melakukan pengawasan tiap pesta rakyat digelar. Sebab, buku tersebut lahir dari spirit keberanian penulisnya, Virdika Rizky Utama.

 

"Karena di dalamnya mengungkap pelaku pelengseran Gus Dur dari kursi kepresidenan, tentu data-datanya sensitif yang dapat membahayakan nyawa penulisnya. Namun, keberanian untuk menegakkan kebenaran sejarah telah mampu membentenginya untuk tidak jadi pengecut," tegas Abdullah.

 

Jebolan Pondok Pesantren Raudlah Najiyah, Lengkong Sumenep tersebut menambahkan, keberanian sejauh ini juga menjadi spirit kerja Bawaslu Pamekasan. Dalam pelaksanaan Pilkada, Pileg, dan Pilpres tahun lalu, Bawaslu Pamekasan tampil tidak gentar menghadapi tekanan politik massa.

 

"Saat itu demonstrasi berlangsung massif, tapi Bawaslu Pamekasan selalu memberikan penjelasan atas persoalan yang diangkat massa demonstrasi. Ini bagi kami tidak terlepas dari spirit keberanian yang juga terkandung dalam buku ini," tegas Abdullah.

 

Diterangkan, GP Ansor Kabupaten Pamekasan tidak sebatas menyerahkan buku ke pihak Bawaslu. Namun, juga menyerahkan undangan pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Lanjut (PKL) pada Selasa (10/3) di Hotel Front One Pamekasan.

 

"Dalam pembukaan tersebut, kita agendakan bedah buku Menjerat Gusur dari pukul 9.30 sampai dengan 11.00 WIB. Kami yakin pihak Bawaslu Pamekasan akan berkenan menghadirinya," papar Abdullah.

 

Ketua Bawaslu Pamekasan, Hanafi, mengaku sangat tersanjung atas apresiasi yang diberikan GP Ansor Pamekasan terhadap instansinya. Itu akan dijadikan sebagai pelecut untuk terus mengasah kinerja berbalutkan keberanian.

 

"Insyaallah kami hadir nanti, sekalian mengikuti serta menyimak bedah buku Menjerat Gus Dur tersebut," tukas Hanafi.

 

Pada bedah buku tersebut, Abdullah memastikan bahwa penulisnya akan hadir. Stakeholder pemerintahan dan masyarakat Pamekasan juga turut diundang.

 

"Kami juga mengundang seluruh organisasi kepemudaan di Kabupaten Pamekasan, seperti Pemuda Muhammadiyah, GMNI, HMI, dan sebagainya," tukas Abdullah.

 

Kontributor: Hairul Anam

Editor: Aryudi AR

BNI Mobile