Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Banser, TNI, dan Polri Siap Kawal Munas dan Konbes NU di Sarang Rembang 

Banser, TNI, dan Polri Siap Kawal Munas dan Konbes NU di Sarang Rembang 
Rakor Banser, TNI, dan Polri persiapan Munas dan Konbes 2020 di Sarang Rembang (Foto: NU Online/Asmuni)
Rakor Banser, TNI, dan Polri persiapan Munas dan Konbes 2020 di Sarang Rembang (Foto: NU Online/Asmuni)
Rembang, NU Online
Acara Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar (Konbes) Nahdlatul Ulama yang akan diselenggarakan di Pesantren Al-Anwar Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, pekan depan, akan diawali dengan pawai karnaval ulama dan santri. 
 
Karnaval tersebut akan diselenggarakan pada tanggal 17 Maret 2020 sekitar pukul 12.00 WIB sebagai pembuka. Start diawali dari Pesantren Al-Anwar I, dan finish di Al-Anwar III dengan jarak tempuh sekitar 3 KM.
 
Sedikitnya akan ada 1.000 lebih kiai dan santri dari penjuru Jawa Tengah akan mengikuti karnaval tersebut guna memeriahkan Munas dan Konbes Nahdlatul Ulama.
Untuk mengamankan hajatan itu, Satkorcab Banser Rembang bersama jajaran TNI - Polri, dan santri Jumát kemarin mebahas persiapan pengamanan untuk acara karnaval sejak dari start hingga finish. 
 
Kepala Satuan Koordinasi Cabang (Kasatkorcab) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Rembang Abdul Rosyid mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan jauh-jauh hari untuk menyukseskan acara tersebut. Sedikitnya ada 1.000 Banser Rembang sudah masuk dalam daftar yang akan melaksanakan tugas. 
 
"Kita sudah list siapa saja yang akan bertugas dalam acara tersebut. Baik sebelum, saat pelaksnaan maupun usai acara kita sudah siap mengamankan bersama aparat Polres dan Kodim Rembang," kata Kasat Rosyid.
 
Kabag Ops Polres Rembang Kompol Yohan Setiajid menambahkan, pihaknya akan menurunkan pasukan kepolisian berdasarkan kebutuhan. Mengingat, rencananya acara tersebut akan dihadiri oleh RI 1 atau RI 2. Namun menurut Yohan, masih ada rapat pemantapan persiapan pengamanan pada hari Rabu 11 Maret 2020.
 
 "Kita memang kemarin sudah mengikuti rapat bersama panitia pondok pesantren terkait keamanan. Kita akan menurunkan personil sesuai dengan kebutuhan. Tetapi kita masih akan mematangkan persiapan Rabu besok mas," kata Yohan.
 
Usai karnaval, pada tanggal 18 Maret akan berlangsung pembukaan Munas dan Konbes NU. Pembukaan akan dilaksanakan di Halaman Al-Anwar II. 
 
Seribuan kiai dan santri juga dijadwalkan akan bermain rebana bersama secara serentak di Pesantren Al-Anwar Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Senin pada tanggal 17 Maret itu.
 
Selain bermain rebana, para kiai dan santri tersebut juga akan melantunkan shalawat secara berjamaah. Kemudian dilanjutkan dzikir dan doa bersama, rangkaian lain yang tengah dipersiapkan panitia adalah kirab santri. 
 
Kontributor: Asmui Habibi
Editor: Abdul Muiz
BNI Mobile