Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Ribuan Warga Rembang Ikuti Jalan Pagi Bareng Gus Mus

Ribuan Warga Rembang Ikuti Jalan Pagi Bareng Gus Mus
Gus Mus saat lepas peserta jalan sehat pagi di Harlah ke-70 Fatayat NU di Rembang, Jateng (Foto: NU Online/Asmui)
Gus Mus saat lepas peserta jalan sehat pagi di Harlah ke-70 Fatayat NU di Rembang, Jateng (Foto: NU Online/Asmui)
Rembang, NU Online
Ribuan warga di Kabupaten Rembang Ahad (8/3) pagi memadati Alun-alun setempat untuk mengikuti jalan pagi bersama KH Ahmad Musthofa Bisri (Gus Mus) dalam rangka Harlah ke-70 Fatayat NU. 
 
Acara yang dihelat Pimpinan Cabang Fatayat dan IPPNU Rembang memperebutkan hadiah utama dua paket umrah, dan ratusan hadiah menarik lainnya. Nampak terlihat para pengurus NU Cabang Rembang, pengurus lembaga, badan otonom, maupun lajnah dalam kerumunan massa peserta jalan pagi.
 
Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang juga Pengasuh Pesantren Raudlotut Tholibin, Leteh, Rembang KH Ahmad Mustofa Bisri terlihat hadir dengan didampingi Bupati Rembang H Abdul Hafidz, bersama Forkopimda. Sejumlah ulama nampak ikut mengenakan kaos jalan pagi bersama Gus Mus, seperti KH Syarofudin Qoumas, jajaran Syuriyah maupun Tanfidziyah PCNU Rembang.

Baca juga: Cinta NU, Nenek 69 Tahun Ini Semangat Jalan Pagi Bareng Gus Mus
 
Dalam sambutannya Gus Mus memberikan apresiasi kepada Fatayat NU Cabang Rembang ikut berpartisipasi mengkampanyekan gerakan hidup sehat. Gus Mus menambahkan, tidak hanya menyehatkan jasmani, semoga juga dapat menyehatkan secara rohani.
 
"Semoga dengan kegiatan ini dapat mempererat persatuan dan persatuan bangsa Indonesia," kata Gus Mus di hadapan ribuan warga yang mengikuti jalan pagi.
 
Ketua Panitia Harlah ke-70 Fatayat NU Hj Muchsinatul Arifah berterimakasih kepada suluruh masyarakat Kabupaten Rembang yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.
 
Ia mengaku, jumlah peserta diperkirakan mencapai ribuan peserta, karena jumlah tiket dan kaos yang terjual 3000 lebih.
 
"Ini kegiatan yang baru pertama kali, mohon maaf jika masih ada kekurangan. Kami juga terima kasih sekali kepada para suami kita yang sudah mengizinkan kita untuk kesana kemari untuk menyiapkan kegiatan," jelasnya.
 
Bupati Rembang H Abdul Hafidz berharap ke depan hadiah bukan hanya paket umrah, tetapi paket haji. "Ini baru yang pertama sudah bisa seperti ini. Tetapi tahun depan saya berharap bisa lebih. Kami akan membantu memfasilitasi agar bisa berangkat haji tahun itu juga," pungkas Bupati Rembang.
 
Rute jalan pagi bersama Gus Mus meliputi start Alun-alun Rembang menuju Jalan Diponegoro-bunderan Kantor Bupati kemudian menuju Jalan Kartini, Jalan Sutomo, Jalan Mas Mansyur, dan kembali finish ke tempat semula.  
 
Dalam acara jalan sehat pagi, Bupati Rembang memberikan hadiah tambahan uang tunai, sedangkan Kapolres Rembang AKBP Dolly A. Primanto memberikan hadiah tambahan berupa Surat Ijin Mengemudi (SIM) bagi yang mendapatkan nomor undi yang diambil oleh orang nomor satu di Polres tersebut.
 
Kapolres Rembang Rembang AKBP Dolly A Primanto mengatakan, ada dua tiket pembuatan SIM biaya pembuatannya akan ditanggung oleh Polres Rembang.
 
"Nanti akan kita fasilitasi pembuatannya biayanya dari kita. Tapi tetap kita tanggung kami. Tetapi akan mengikuti tes sesuai dengan ketentuan," kata Kapolres Rembang.
 
Sementara itu, Kasat Lantas Polres Rembang AKP Sri Martini menambahkan, untuk pembuatan SIM ada satu tes tambahan yakni tes psikologi. Tes tersebut dilaksanakan oleh pihak ketiga.
 
"Ini sebagai upaya dari kami untuk menekan angka kecelakaan yang disebabkan kesalahan manusia," bebernya.
 
Dalam kesempatan itu anggota Fatayat NU Rembang atas nama Kusmiasih dari Fatayat NU PAC Sulang beruntung mendapatkan hadiah paket pembuatan SIM. 
 
Kontributor: Asmui Habibi
Editor: Abdul Muiz
Posisi Bawah | Youtube NU Online