IMG-LOGO
Daerah

Juara Nasional, Kemenag Apresiasi MTsN 3 Pamekasan

Senin 9 Maret 2020 18:00 WIB
Juara Nasional, Kemenag Apresiasi MTsN 3 Pamekasan
Para siswa MTsN 3 Pamekasan saat menerima penghargaan. (Foto: NU Online/Hairul Anam)

Pamekasan, NU Online

Tiap tahun, Madrasah Tsanawiyah (MTs) 3 Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur selalu menorehkan prestasi lokal, regional, dan nasional. Kementerian Agama (Kemenag) Pamekasan pun memberikan apresiasi setinggi-tingginya.

 

"MTsN 3 Pamekasan luar biasa. Tiap tahun selalu mengharumkan nama Kabupaten Pamekasan," terang Kepala Kemenag Pamekasan Afandi saat dihubungi di kantornya, Senin (9/3) pagi.

 

Ya, dua siswa MTsN 3 Pamekasan Ayn Al Qodiy Zikri R dan Lutfiah Anisah sukses membawa pulang medali perunggu dalam ajang HiMSO IV 2020 di Pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya Jalan Kejawan Putih Tambak VI No. 1, Kejawan Putih Tambak, Kecamatan Mulyorejo, Kota Surabaya Ahad (8/3).

 

HiMSO (Hidayatullah Mathematics and Science Olimpiad) merupakan ajang kompetisi matematika dan sains tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Pondok Pesanteren Hidayatullah. Tahun ini adalah kali ke empat gelaran lomba seperti ini diadakan, dengan tema Gali Potensi Raih Prestasi.

 

Ajang tersebut merupakan pencarian bibit-bibit unggul dalam bidang matematika dan sains di seluruh Indonesia. HiMSO IV diadakan dalam dua tahapan, yaitu babak penyisihan yang dilaksanakan pada 19 Januari 2020, dan babak final yang dilaksanakan Ahad (8/3).

 

Ajang HiMSO IV dilaksanakan di 62 rayon penyelenggara yang menyebar dari Aceh hingga ke Papua serta diikuti lebih dari 5 000 peserta dari level SD/MI hingga SMP/MTs.

 

"Kami bangga atas raihan prestasi Ayn Al Qodiy Zikri R berupa perunggu untuk bidang sains. Itu setelah sebelumnya mampu menyingkirkan ribuan peserta dari seluruh Indonesia," tegas Afandi.

 

Diungkapkan, itu adalah kesempatan pertama bagi Ayn Al Qodiy Zikri R dalam ajang HiMSO, dan pencapaian pada level ini sudah merupakan hasil yang menggembirakan, mengingat banyaknya jumlah peserta yang beradujuang di ajang ini.

 

"Meskipun begitu, masih ada kesempatan lagi tahun depan untuk memperbaiki pencapaian sehingga mampu meraih medali emas," terang pembina Ayn Al Qodiy Zikri R, Abu Bakar.

 

Medali kedua dipersembahkan oleh Lutfiah Anisah untuk mata pelajaran (mapel) Matematika. Anak yang dikenal tenang dan mudah bergaul dengan teman-temannya ini juga menorehkan prestasi yang menawan dalam debut pertamanya di ajang HiMSO IV tahun ini.

 

"Kami doakan semoga di perlombaan-perlombaan yang sama atau pun yang lain di masa-masa mendatang adalah ladang bagi ananda Lutfiah Anisah dalam menuai prestasi demi prestasi," tegas Kepala MTsN 3 Pamekasan, Mohammad Holis.

 

Ia mengaku sangat bangga pada pencapaian kedua anak didiknya dan yang belum meraih medali.

 

“Lolosnya kalian ke babak final saja sudah merupakan prestasi bagi madrasah. Namun, perlu diingat agar kalian semua jangan cepat merasa puas dengan pencapaian ini, teruslah belajar dan raih prestasi-prestasi yang lain. Tetaplah rendah hati," tegas Holis.

 

Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada pembina matematika dan sains MTsN 3 Pamekasan. Karena berkat tangan dingin dan keikhlasan mereka, peserta didik yang memang berbakat mampu menemukan dan mengeksplor kemampuannya hingga meraih medali.

 

"Setiap siswa pasti punya potensi atau bakat berprestasi. Para pembina telah berjuang maksimal, sehingga potensi prestasi siswa-siswi kami dapat terasah. Muaranya, alhamdulillah bisa menuai prestasi nasional. Ini kebanggaan masyarakat Pamekasan, utamanya keluarga besar MTsN 3 Pamekasan," tukasnya.

 

Kontributor: Hairul Anam

Editor: Aryudi AR

Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG