Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Peringati Harlah Ke-97, NU Bondowoso Sapa Warga Pedesaan

Peringati Harlah Ke-97, NU Bondowoso Sapa Warga Pedesaan
PCNU Bondowoso, Jawa Timur memperingati Harlah ke-97 NU. (Foto:NU Online/Ade Nurwahyudi)
PCNU Bondowoso, Jawa Timur memperingati Harlah ke-97 NU. (Foto:NU Online/Ade Nurwahyudi)
Bondowoso, NU Online
Rombongan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur dan Komonitas Mobil Offroader Hiline Comunity Cinta Shalawat (Hicosh) bersama-sama memperingati Harlah ke-97 NU dengan menyapa warga pinggiran pedesaan.
 
Para rombongan tersebut berangkat dari Pondok Pesantren Darul Falah Cermee menuju Dusun Burguh, Desa Solor, Kecamatan Cermee yang berada di atas daerah pegunungan.
 
Ketua PCNU Bondowoso KH Abdul Qodir Syam mengatakan, Dusun Buruh, Desa Solor dulunya masih sepi dari permukiman. Tampak hanya ada beberapa rumah saja dan dikelilingi banyak hutan. Dirinya mengaku kala itu sempat menggelar pengajian dengan warga setempat.
 
"Burguh ini dari bahasa dari Belanda dan sekarang dusun ini sudah banyak perumahan tapi tempatnya ada di atas gunung," katanya, Sabtu (7/3).
 
Ia menegaskan, kedatangan yang keduakalinya ini sekadar menyapa dan ingin mempererat silaturahim dengan masyarakat Desa Solor dalam rangka memperingati Harlah NU. "Perlu diketahui Nahdlatul Ulama ini sudah hampir satu abad," katanya kepada warga sekitar waktu itu.
 
Kepada warga yang mayoritas Nahdliyin ini, ia berharap untuk tidak keluar dari NU. Justru pada usia NU yang sudah tidak muda lagi, warga NU harus lebih menguatkan tali persaudaraan. Dan tak kalah penting lagi adalah menjaga ajaran ajaran Ahlussunah wal Jamaah (Aswaja) an-Nahdliyah.
 
"Semoga apa yang kita kerjakan selama ini dengan menjalankan ajaran keagamaan dengan cara Nahdlatul Ulama di dunia ini mendapat ridla Allah Swt," harapnya.
 
Kondisi perjalan menuju dusun tersebut melewati hutan pegunungan dengan kondisi jalan licin berlinang air, lantaran hujan. Namun, para rombongan yang menaiki kendaran mobil offroader tak mau berhenti hingga pada tujuan.
 
Rombongan PCNU Bondowoso pada kesempatan ini juga memberikan alat-alat sekolah kepada siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri (SDN) Solor 3, Taman Kanak-kanak (TK) serta pemberian sembako, baju bekas layak pakai untuk warga masyarakat sekitar. Kemudian disana dilakukan foto bersama.
 
Para rombongan tersebut terdiri dari Rais Syuriah PCNU Bondowoso KH Asy'ari Phasa, Ketua Tanfidziah PCNU Bondowoso KH Abdul Qodir Syam berserta jajaran pengurusnya, Ketua DPRD Bondowoso H Ahmad Dafir beserta anggota DPRD yang lainya, Muslimat dan rombongan lain.
 
Kontributor: Ade Nurwahyudi
Editor: Syamsul Arifin
BNI Mobile