Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Puluhan Pemuda Ikuti DTD Ansor Teluk Bintuni Angkatan Ke-3

Puluhan Pemuda Ikuti DTD Ansor Teluk Bintuni Angkatan Ke-3
Puluhan peserta DTD GP Ansor Teluk Bintuni foto bersama. (Foto:Istimewa)
Puluhan peserta DTD GP Ansor Teluk Bintuni foto bersama. (Foto:Istimewa)
Teluk Bintuni, NU Online
Gerakan Pemuda (GP) Ansor bersama Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat menyelenggarakan Diklat Terpadu Dasar (DTD) Angkatan ke-3. Acara tersebut dilaksanakan di Kompleks Yayasan Salafiyah Syafi’iyah An-Nahdloh Kampung Waraitama, Distrik Manimeri.
 
"DTD kali ini diikuti oleh 47 peserta, 21 pemuda asli Papua. Mereka berasal dari Teluk Bintuni dan daerah sekitar," kata Ketua GP Absor Teluk Bintuni M Abdilah, Kamis (11/3). 
 
Menurutnya, panitia mengangkat tema 'Didik dan Bimbinglah Pemuda-pemudi karena Dia Masa Depan Bangsa' dengan harapan bisa memperkuat kecintaan pada bangsa Indonesia.
 
Kegiatan ini juga untuk membimbing para pemuda, khususnya dari kalangan Nahdliyin untuk berilmu dan beramaliyah dengan menjaga, merawat ajaran Ahlussunnah wal Jamaah.
 
"Kita berharap para kader menerapkan semangat hubbul wathon minal iman dalam hidup. Saat ini kader Ansor dan Banser Bintuni sering terlibat dalam kegiatan kemasyaratan dan ikut andil dalam mensukseskan program-program pemerintah," tambahnya.
 
Abdillah berharap kader-kader hasil DTD pertama hingga DTD ketiga ini benar-benar bisa menjadi kader yang militan dan dapat memberikan manfaat terhadap masyarakat. Terutama dalam menyatukan masyarakat dan menghapus intoleransi serta deradikalisasi.
 
"Materi yang kita sampaikan berkaitan dengan ke-NU-an, keaswajaan, kebangsaan, dediradikalisasi dan spiritual," beber Abdillah.
 
Sementara itu, Ketua Majelis Dzikir dan Shalawat (MDS) Rijalul Ansor Hasan Jazuli menjelaskan bahwa proses pengkaderan dalam sebuah organisasi sangatlah penting. Sehingga diharapkan materi-materi dalam kegiatan DTD ini dapat memberi wawasan keagamaan yang rahmatan lil alamin pada kader. 
 
Tak kalah pentingnya memberikan wawasan kebangsaan pada kader sehingga dapat memberikan manfaat terhadap kader Ansor dan Banser khususnya, masyarakat umum pada umumnya.
 
"Kita ingin para kader ini sebagai agen yang sangat mencintai rumah kita bersama yaitu NKRI," tegasnya.
 
Ia juga berharap para kader setelah mengikuti DTD ini dapat meluangkan waktu dalam berbagai kegiatan keagamaan dan kemasyarakatan. Semisal kegiatan barzanji dan istighotsah setiap dua minggu sekali.
 
Dalam acara pembukaan DTD 3 ini ikut hadir serta Wakil Bupati Teluk Bintuni Matret Kokop, Kasatkorwil Sulawesi Selatan Komandan Abbas, Sekertaris PW Ansor Papua Barat Abdul Salam, Komandan Skolat Papua Barat Wira Akbar.
 
Ada juga Ketua MDS Rijalul Ansor Papua Barat Fathurrahman, Ketua PCNU Teluk Bintuni Nurkholis, Kepala Kementrian Agama Rofiul Amri dan tamu undangan lainnya.
 
"Doakan kita tetap istiqomah jadi benteng NKRI di tanah Cendrawasih," tandas Hasan.
 
Kontributor: Syarif Abdurrahman
Editor: Syamsul Arifin
BNI Mobile