Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Agenda Harlah NU di Ngawi, Ziarah Muasis hingga Sajian 97 Tumpeng

Agenda Harlah NU di Ngawi, Ziarah Muasis hingga Sajian 97 Tumpeng
Poster agenda kegiatan Harlah ke-97 NU oleh PCNU Ngawi, Jawa Timur.
Poster agenda kegiatan Harlah ke-97 NU oleh PCNU Ngawi, Jawa Timur.
Ngawi, NU Online
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Ngawi Jawa Timur menggelar rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-97 Nahdlatul Ulama. 
 
Di antaranya adalah doa bersama dan istighotsah secara serentak pada tanggal 16 Rajab 1441 H atau 11 Maret 2020 di setiap MWCNU se-Kabupaten Ngawi. Istighotsah dilakukan dengan melibatkan ranting, serta Banom dimaksudkan untuk mempererat ukhuwah islamiah.
 
Selain itu, juga sebagai sarana untuk memanjatkan doa sebagai wujud rasa syukur atas tegaknya organisasi yang didirikan oleh Kiai Hasyim Asy'ari, KH Wahab Hasbullah, dan Kiai Bisri Syamsuri pada tahun 1926.
 
Hikmah lainnya dari ziarah adalah untuk mengenang jasa-jasa muassis NU, juga dalam rangka mempererat hubungan ruhaniyah dengan para pendiri NU.
 
Agenda ziarah ini akan berlangsung pada tanggal 14 Maret 2020 ke makam KH Hasyim Asy'ari, serta KH Wahid Hasyim, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), dan KH Salahudin Wahid (Gus Sholah). Semua makam tersebut masih dalam satu kompleks makam Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang.
 
Ziarah berikutnya dilanjutkan ke makam KH Wahab Chasbulloh di Pesantren Tambak Beras Jombang, terakhir ke makam KH Bisri Syamsuri di Pesantren Den Anyar Jombang. 
 
Selain para tokoh NU di atas, tak lupa pula juga diadakan ziarah ke makam Bung Karno, yang dikenal dekat dengan para muassis NU. Acara ini diikuti oleh perwakilan dari PCNU Ngawi dan 19 MWCNU se-Kabupaten Ngawi. Tak lupa perwakilan dari pimpinan Lembaga dan Banom NU Ngawi juga akan turut serta dalam acara ini.
 
Selanjutnya pada tanggal 26 Maret 2020 akan diadakan workshop yang bertajuk Penguatan Ketakmiran dan Kemakmuran Masjid Ala Aswaja NU, yang diselenggarakan oleh lembaga Takmir Masjid PCNU Ngawi. Workhsop diikuti perwakilan 19 MWC NU dan 217 Ranting NU se-Kabupaten Ngawi.
 
Berikutnya, 'Selamatan Nusantara dengan 97 Panggang Buceng (Tumpeng) pada 29 Maret 2020. Rangkaian harlah ditutup dengan acara 'Gerak Serentak Koin Mukatamar 34 NU' di Sentral NU Lintangsongo Ngawi.
 
Kontributor: Latif Hidayat
Editor: Kendi Setiawan
BNI Mobile