IMG-LOGO
Nasional

BNPB Apresiasi Langkah NU Cegah Covid-19


Jumat 13 Maret 2020 14:30 WIB
Bagikan:
BNPB Apresiasi Langkah NU Cegah Covid-19
Ketua LPBI PBNU M Ali Yusuf dan Deputi bidang Pencegahan BNPB Lilik Kurniawan saat diwawancarai awak media di Gedung PBNU, Jakarta Pusat, Jumat (13/3). (Foto: NU Online/Husni Sahal)
Jakarta, NU Online
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengapresiasi langkah yang diambil Nahdlatul Ulama dalam mencegah coronavirus atau Covid-19, yakni dengan mengadakan Sosialisasi dan Penerapan SOP Pencegahan Covid-19 (virus Corona) di Gedung PBNU, Jakarta Pusat, Jumat (13/3).

"Alhamdulillah hari ini dari temen-temen LPBI NU dan temen-temen NU sudah membuat satu aksi yang luar biasa dan sudah membuat Pos Induk Covid-19 di PBNU. BNPB mengapresiasi apa yang dilakukan kawan-kawan NU," kata Deputi bidang Pencegahan BNPB Lilik Kurniawan.

Menurut Lilik, dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19, semua pihak harus bergandengan tangan, baik pemerintah maupun ormas. "NU, Muhammadiyah, relawan lain. Kita kroyok. Intinya menghadapi Covid-19 kita harus bersama-sama," ucap Lilik.

Lebih lanjut ia menyatakan, penanganan Covid-19 bukan lagi koordinasi, melainkan kolaborasi, yakni meruntuhkan sekat-sekat antarelemen masyarakat yang ada. Ia berharap, dengan cara kolaborasi semua pihak, persoalan Covid-19 dan dampaknya cepat tertangani dengan baik.

"Jadi kita bergandengan tangan. Kita punya apa ayo kita lakukan, kamu punya apa kita lakukan," ucapnya.

Sementara Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim PBNU M. Ali Yusuf menyatakan bahwa Satgas PBNU Cegah Covid-19 ini selalu berkoordinasi dengan pemerintah dalam menangani Covid-19.

"Kita selalu aktif di setiap koordinasi. Ini dalam rangka upaya bersama penanganan Covid-19 ini agar segala seuatu dapat terkendali, dapat teratasi dengan baik," kata Ali.

Sementara Koordinator Satgas NU Peduli Covid-19 H Makki Zamzami menyatakan bahwa pihaknya mengupayakan agar warga NU dan masyarakat secara luas dapat memahami tentang Covid-19, bisa mencegahnya agar tidak terinfeksi  coronavirus, dan tidak panik dalam meresponsnya.

"Oleh karena itu beberapa protokoler terutama dari NU yang amaliyahnya banyak, seperti tahlilan maulid dan lain-lain wajib dari kita untuk memberitahukan informasi dan membuat SOP di setiap kegiatan-kegiatan, terutama kantor-kantor NU," kata Makki.

Pewarta: Husni Sahal
Editor: Fathoni Ahmad
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG