Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Potensi Peningkatan Pasien Corona di Indonesia Masih Tinggi?

Potensi Peningkatan Pasien Corona di Indonesia Masih Tinggi?
Ilustrasi Virus Corona. (Foto: via Pixabay)
Ilustrasi Virus Corona. (Foto: via Pixabay)
Jakarta, NU Online
Virus corona di Indonesia semakin mengkhawatirkan. Meski begitu masyarakat diminta tetap tegar menghadapi Covid-19 tersebut. Selama kekebalan tubuh seseorang stabil virus apapun tidak akan masuk.

Sampai hari ini, data di Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI terdapat 69 orang terkonfirmasi positif corona di Indonesia. Empat di antaranya dinyatakan telah meninggal dunia. Dan puluhan orang dalam pengawasan.

Menurut Pengurus Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama dr M. Makky Zamzami, tren virus corona masih akan mengalami kenaikan. Bahkan kenaikan tersebut bisa mencapai dua kali lipat dari jumlah yang saat ini ada.

Tetapi, penemuan kasus tersebut hanya dapat diiringi dengan masuknya investigasi kontak dengan orang yang saat ini positif corona.

“Pertama tren kenaikan kasus/penemuan kasus pasti akan akan naik, dalam beberapa hari naik bisa dua kali lipat dari mulai 2, 27, 29 naik terus. Naik yang mencapai dua kali lipat seiring dengan masuknya investigasi kontak di area, dengan pasien yang sudah positif,” kata Makky Zamzami yang saat ini menjabat sebagai Bendahara LKNU ini, Jumat (13/3) sore.

Berdasarkan ketetapan yang telah dikeluarkan World Health Organization (WHO), lanjutnya, virus corona adalah pendemi. Di tempat munculnya virus itu sendiri yakni di China virus tersebut sudah menurun.

Oleh karena itu, virus corona menjadi sesuatu yang tidak perlu dikhawatirkan secara berlebihan sebab angka kematian disebabkan oleh virus tersebut hanya mencapai 2,3 persen.

“Dan jumlah yang meninggal di Indosia pun juga punya riwayat menderita penyakit lain bukan hanya Covid-19. Lalu meninggal, itu saja. Jadi memperberat saja istilahnya,” ucapnya.

Masyarakat Indonesia tetap harus waspada terkait penyebaran virus ini dengan menjaga kekebalan tubuh. Hal utama yang harus dilakukan untuk menghindari penyakit itu antara lain menjaga kebersihan, mandi, cuci tangan menggunakan sabun.
 
Kemudian, jika mengalami keluhan sakit segera dikontrol ke dokter dan protap terhadap diri sendiri.

Pewarta: Abdul Rahman Ahdori
Editor: Fathoni Ahmad
BNI Mobile